psnwascam
Sejumlah petugas dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang saat menerima warga Kabupaten Magelang yang menyerahkan berkas pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)- Animo  masyarakat Kabupaten Magelang mendaftarkan diri  sebagai calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan ( panwascam) cukup tinggi. Terbukti sejak dibukanya pendaftaran calon anggota panwascam pada 21 September kemarin, yang mendaftar sudah mencapai 80 orang lebih.

“Jumlah yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota panwascam  hingga Kamis ( 22/9) sore, telah mencapai 80. Kemungkinan akan terus bertambah,” kata Ketua Kelompok Kerja  Pendaftaran Calon Panwascam Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Magelang, M Yasin Awan Wiratno, Jumat (23/9/2022).

Awan Wiratno mengatakan, ke-80 orang yang telah mendaftarkan diri tersebut terdiri atas 54 orang laki-laki dan 26 lainnya perempuan.

Panwascam
Ketua Kelompok Kerja Pendaftaran Calon Panwascam Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Magelang, M Yasin Awan Wiratno. Foto: W.Cahyono

Menurutnya, meskipun jumlah pendaftar sudah relatif cukup banyak, namun beberapa wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang masih belum tercapai jumlah yang diinginkan.

Bahkan  salah satu  dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang, yakni Kecamatan Ngluwar hingga sangat ini belum ada  warganya yang berminat mendaftarkan diri sebagai anggota calon panwascam

“Hingga hari ketiga, Jumat ( 23/9) siang, warga dari Kecamatan Ngluwar belum ada yang berminat mendaftarkan diri,” katanya.

Menurutnya, apabila hingga masa pendaftaran berakhir 27 September mendatang, jumlah pendaftar atau pemenuhan keterwakilan pendaftar perempuan belum terpenuhi, maka pihaknya akan melakukan perpanjangan  masa pendaftaran calon anggota panwascam hingga tanggal 8 Oktober 2022 mendatang.

Awan menjelaskan, secara teknis setiap kecamatan akan  ada  tiga  orang anggota panwascam. Diharapkan selama masa pendaftaran ini jumlah pendaftar lebih dari  tiga orang.

“Nantinya masing-masing kecamatan akan diterima tiga orang komisioner panwascam. Harapan kami Untuk pendaftartiap Kecamatan lebih dari enam orang . Selain itu, angka kesetaraan gender panwascam tersebut  yakni sebesar 30 persen,” katanya.

Sebelumnya, pihaknya melakukan sosialisasi dan pengumum pendaftran calon anggota panwascam sejak 15-21 September 2022 lalu. Kemudian, masa pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota panwascam, berlangsung 21-27 September 2022.

“Setelah itu akan dilakukan  penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota panwascam mulai 28 hingga 30 September 2022 mendatang,” ujarnya.

Ia menegaskan, pelaksanaan pembentukan panwascam tersebut  dilaksanakan secara terbuka  dan dalam tiga tahap seleksi.  Yakni, seleksi penelitian berkas administrasi, tes tertulis dan tes wawancara.

“Pokja juga membuka dan menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap para pendaftar,” tandasnya.  W. Cahyono