blank
Muhammad Ferrari (4) mencetak gol kedua untuk Timnas Indonesia U-20, hingga membuat skor imbang 2-2 atas Vietnam. Foto: screenshot

SURABAYA (SUARABARU.ID)– Timnas Indonesia U-20 secara dramatis lolos otomastis ke putaran final Piala Asia U-20, yang akan dihelat di Uzbekistan, tahun depan.

Kepastian itu didapat, setelah tim asuhan Shin Tae-yong ini, mengalahkan Timnas Vietnam U-20, dalam laga sengit di penentuan juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (18/9/2022), dengan skor 3-2.

Dengan kemenangan ini, Timnas U-20 pun mengunci status juara Grup F, dengan raihan poin sempurna 9, dari tiga pertandingan. Sedangkan Vietnam ada di posisi kedua dengan poin 6.

BACA JUGA: Bergeserlah Cara Memaknai Gemblak; Mesum, Sedheng, lan Slingkuh

Di Stadion GBT, laga belum berjalan lima menit, Timnas Indonesia U-20 sudah mendapat peluang bagus secara beruntun. Namun sayang, Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka, masih kurang tenang di depan gawang Vietnam.

Serangan-serangan Indonesia masih terbentur rapatnya pertahanan Vietnam. Sementara meski lebih banyak bertahan, serangan-serangan dari tim tamu juga sejatinya cukup berbahaya. Babak pertama tak ada gol yang tercipta

Memasuki babak kedua, pelatih Timnas Indonesia U-20, memasukkan Marselino Ferdinan, dan menarik keluar Ronaldo Kwateh.

BACA JUGA: Identitas Korban Tewas Tabrakan Beruntun di Brebes Diketahui

Menit 60, kebuntuan Indonesia akhirnya pecah setelah Marselino mencetak gol cantik dari luar kotak penalti. Sepakan geledeknya dari tepi kotak 16 menghujam sisi kanan gawang Vietnam.

Vietnam mampu membalas hanya enam menit setelah gol Marselino. Dari sebuah serangan balik, Ferarri justru melakukan gol bunuh diri.

Tiga menit berselang, Vietnam berbalik unggul 2-1 atas Indonesia. Lagi-lagi lewat counter-attack cepat, gol dibukukan gelandang eksplosif Vietnam, Dinh Xuan Tien.

BACA JUGA: Rusuh Suporter di Kudus, Rumah dan Gedung Madrasah Dirusak

Akan tetapi, menit 81, Ferarri membayar lunas kesalahannya, dengan mencetak gol yang membuat Indonesia menyamakan skor 2-2.

Setelah gol ini, Indonesia semakin tersengat. Menit 84, aksi Alfriyanto Nico dari sisi kanan, berhasil dimanfaatkan Rabbani Tasnim, untuk mengubah kedudukan menjadi 3-2.

Hingga laga rampung, skor 3-2 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan. Hasil ini menjadikan Timnas Indonesia U-20 lolos otomatis ke putaran final di Uzbekistan, sedangkan Vietnam masih menunggu perhitungan poin sebagai runner up terbaik.

Riyan