blank
Ilustrasi

TUJUH ribu (7.000) orang bunuh diri dalam setahun. Demikian catatan WHO tahun 2021.Mereka yang melakukan bunuh diri rata-rata di kisaran umur 15-29 tahun. Gangguan mental yang paling umum adalah depresi dan gangguan kecemasan.

Dilansir dari web Pusdatin Kementerian Kesehatan pada tahun 2017, gangguan depresi tetap menduduki urutan pertama dalam tiga dekade (1990-2017).

Depresi merupakan gangguan mental yang penderitanya kehilangan minat untuk menjalani kehidupan, mood yang depresif, terus merasa bersalah, dan self-esteem yang terus menurun.

Hal ini tentu saja mengganggu kehidupan penderita dalam menjalani hidupnya sehari-hari.

Depresi tidak hanya mengganggu kemampuan berpikir, tetapi juga menurunnya kesehatan fisik karena stres yang terjadi dalam jangka panjang, penurunan kualitas berhubungan dengan teman dan keluarga, dan penurunan produktivitas.

Sebagai Generasi Z, sebaiknya hal-hal seperti ini harus lebih diperhatikan. Dengan begitu, kita dapat menolong diri sendiri maupun orang lain.

blankKita harus dapat membangun support system bagi diri sendiri maupun orang lain dengan cara menjaga lima aspek, yaitu fisik, kognitif, emosi, perilaku, dan sosial dalam upaya pencegahan depresi.