blank
Wakil Bupati (Wabup) Pacitan, Gagarin (tengah deret depan), foto bersama para pengurus DPC HNSI Pacitan periode 2022-2027.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pacitan periode 2022-2027 dilantik. Sesuai hasil musyawarah, Damhudi, tokoh nelayan yang juga mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan, terpilih menjadi ketuanya.

Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, pelantikan berlangsung Rabu (14/9). Ikut hadir Wakil Bupati (Wabup) Gagarin yang membacakan sambutan tertulis Bupati Pacitan.

Kata Wabup, salah satu tujuan dibentuknya HNSI, adalah sebagai wadah untuk menampung aspirasi para nelayan. Oleh karena itu, tandas Wabup, HNSI dapat berperan aktif dalam menghimpun aspirasi nelayan.

Kabupaten Pacitan, memiliki potensi kelautan dan perikanan yang besar serta prospektif untuk dikembangkan. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, pertumbuhan produksi perikanan tangkap mencapai 3,8 persen.

Potensi Besar

Jumlah produksi pada Tahun 2021 sebesar 12 ribu ton. Nelayan di Pacitan, terdata sebanyak 3.300 orang. Mereka merupakan nelayan kecil, dengan jumlah armada sebanyak 1.600 kapal.

Potensi perikanan yang sangat besar tersebut, harus dapat dikelola secara baik. Terkait hal tersebut, Wabup, minta, agar insan nelayan dapat diletakkan pada garda terdepan, dalam pemanfaatan hasil-hasil laut, mulai dari hulu sampai hilir.

Dengan potensi dan prospek yang besar tersebut, kehadiran HNSI diharapkan mampu sebagai kekuatan organisasi nelayan dalam melaksanakan pembangunan bidang kelautan dan perikanan, untuk meningkatan kemandirian ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Wabup Gagarin juga mengajak semua pihak untuk selalu menjaga kelestarian ekosistem laut. Kawasan pesisir dan lautan sangatlah dinamis, tidak hanya memiliki potensi sumber daya, tetapi juga memiliki potensi bagi pengembangan berbagai aktivitas pembangunan yang lain. Seperti wisata bahari, industri maritim, jasa angkutan dan lain sebagainya.

Bambang Pur