blank
Ilustrasi tidur.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yang bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh setelah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Selain itu, saat seseorang tidur malam, tubuh akan mulai melakukan detoksifikasi berbagai racun dan membuangnya lewat proses eksresi, serta membantu Anda menjaga kualitas memori dan mencegah timbulnya depresi.

Sebagian orang biasanya tidur dengan kondisi kamar gelap gulita dan hal ini sangat direkomendasikan karena memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

Akan tetapi sebagian lainnya tidur dengan kondisi lampu yang menyala terang ataupun redup. Belakangan diketahui bahwa tidur dengan kondisi lampu menyala ini akan membawa dampak negatif bagi kesehatan.

Nah untuk lebih jelasnya, di artikel kali ini kita akan membahas tentang dampak negatif bagi kesehatan akibat tidur dengan lampu menyala. Melansir dari laman MedicalNewsToday.com, berikut pembahasannya.

1. Mengganggu Produksi Hormon

Saat malam hari, kelenjar pineal di otak akan mulai memproduksi hormon melatonin dalam jumlah tinggi untuk membuat Anda merasakan kantuk dan ingin segera tidur. Akan tetapi jika Anda mencoba tidur dengan kondisi lampu menyala, maka produksi hormon melatonin ini akan terganggu.

Baca Juga: Lima Manfaat Sawi Putih, Salah Satunya Baik Untuk Kesehatan Mata

Hal ini akan menyebabkan rasa kantuk Anda menjadi hilang dan sulit untuk tidur kembali atau dalam istilah medis disebut dengan insomnia.

2. Depresi

Saat seseorang sulit untuk tidur akibat produksi hormon melatonin yang berkurang, maka hal itu juga akan mempengaruhi suasana hati dan meningkatkan stres. Dalam jangka waktu panjang, stres yang tidak terkontrol ini bisa memicu terjadinya depresi.

3. Meningkatkan Risiko Berbagai Penyakit Kronis

Berdasarkan penelitian dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, menyatakan bahwa tidur dengan cahaya terang ataupun redup akan meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, hingga penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

4. Obesitas

Sebuah studi dari American Journal of Epidemiology, menjelaskan bahwa pada wanita yang tidur dalam kondisi ruangan bercahaya akan menyebabkan terganggunya proses metabolisme tubuh dan pola makan.

Hal ini disebabkan karena ada kemungkinan besar orang yang tidur dalam kondisi ruangan bercahaya akan terbangun saat tengah malam, sehingga tak jarang rasa lapar tersebut muncul dan memaksanya untuk kembali makan di waktu tengah malam tersebut.

Hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak, sehingga meningkatkan berat badan dan ikut berhubungan langsung dengan timbulnya berbagai penyakit kronis seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Itulah tadi empat dampak negatif bagi kesehatan akibat tidur malam dengan lampu menyala. Semoga bermanfaat!

Claudia