blank
MERAPIKAN - Seorang pekerja tengah merapikan salah satu sudut bangunan Pasar Sugihwaras. (foto: dinkominfo pemkot pekalongan)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Para pedagang Alun-alun Kota Pekalongan baik sektor fashion maupun kuliner telah menempati sejumlah lapak baru di Pasar Sugihwaras sejak 10 Agustus 2022 lalu. Kendati demikian, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan. Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop-UKM) setempat terus melakukan sejumlah pembenahan dan penataan agar pedagang maupun pembeli nyaman saat berdagang maupun berburu kuliner di pasar tersebut.

Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Budiyanto menjelaskan bahwa, saat ini Pasar Sugihwaras masih dalam proses pembenahan sesuai permintaan pedagang, dimana ada space akses jalan di lapak Pasar Sugihwaras masih ada yang menyulitkan pedagang untuk berdagang. Kini, akses tersebut sudah dibongkar, sehingga akses jalan yang akan masuk ke kios-kios pedagang akan lebih mudah.

“Disamping itu, kami juga masih memasang umbul-umbul dan neon box, yang lainnya sebelah sisi Timur akses jalan keluar sudah diperbaiki agar jika ada mobil pembeli yang datang dari sisi Barat, nanti keluarnya di sisi Timur. Sebab, penataan akses parkir menjadi hal utama yang harus diperhatikan,” ucap Budiyanto.

Menurutnya, pada pertengahan September 2022 ini, Pasar Sugihwaras diharapkan bisa segera diresmikan Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid dan jajarannya.

“Sementara, songkro-songkro sudah kami disediakan juga, etalase untuk para pedagang kuliner juga sudah ada dan kami upayakan penataan agar bisa lebih rapi dan tertata baik,” ucapnya.

Budiyanto menyebutkan, para pedagang sudah menerima kunci lapak masing-masing, dimana di Pasar Sugihwaras tersebut saat ini sudah ditempati 52 lapak pedagang kuliner dan pedagang fashion sebanyak 210 lapak.

“Yang pedagang kuliner semuanya sudah mulai menggelar lapaknya, untuk pedagang fashion ada yang menempati lapak lantai bawah dan sebagian dari mereka ada yang di lapak lantai atas. Alhamdulillah, dari Persatuan Seni Musik Melayu dan seniman lain turut berkolaborasi dengan kami untuk menghibur para pengunjung yang akan berburu kuliner sehingga bisa menambah keramaian Pasar Sugihwaras tersebut,” pungkasnya.

Nur Muktiadi