blank
Jadwal pertandingan sepak bola Ikasago Cup di Lapangan Swelogiri Gombong Kebumen.(Foto:SB/Ikasago)

GOMBONG (SUARABARU.ID) – Momentum memperingati Hari Olah Raga Nasional (Haornas) 2022 serta keinginan mengembalikan kejayaan lapangan Swelogiri Gombong, Alumni SMA N 1 Gombong Kebumen yang tergabung dalam Ikatan Alumni SMA N 1 Gombong (Ikasago) bakal menggelar turnamen sepak bola antarklub.

Sebanyak 16 tim bakal mengikuti turnamen sepak bola yang didukung Kodim 0709 Kebumen tersebut.
Pembukaan turnamaen pada Sabtu (17/9).

“ Ikasago akan mengadakan turnamen sepak bola Ikasago Cup antarklub se Kabupaten Kebumen. Turnamen ini akan diikuti 15 Klub dari Kebumen dan peserta undangan 1 klub dari Kroya. Total 16 klub dengan menggunakan sistem gugur. Turnamen akan di selenggarakan di Lapangan Swelogiri mulai Sabtu (17/9)-2 Oktober 2022,“jelas Faisal Ibrahim selaku ketua panitia pelaksana kepada Suarabaru.id, Kamis (15/9).

blank
Lapangan Swelogiri Gombong, Kebumen,siap untuk pertandaingan sepak bola antarklub Ikasago Cup 2022.(Foto:SB/Ikasago)

Menurut Faisal Ibrahim, latar belakang penyelenggaraan turnamen sepak bola ini keinginan dari para alumni SMA N Gombong yang mempunyai semangat untuk mengembalikan lagi kejayaan Lapangan Swelogiri Gombong.

Pada masanya Lapangan Swelogiri sangat ramai dengan kegiatan kepertandingan olah raga atau aktivitas lainnya yang diadakan oleh masyarakat.

“Ikasago dengan dukungan Kodim 0709 Kebumen ingin mengembalikan kejayaan Lapangan Swelogiri Gombong,seperti pada zamannya yaitu sebagai jujukan kegiatan olah raga masyarakat Gombong,”imbuh dia.

Faisal Ibrahim menyatakan, banyak alumni SMA Gombong yang mempunyai kenangan berolah raga untuk menempa fisik dan menonton even rutin pertandingan sepak bola di lapangan tersebut. Sudah cukup lama, hampir 20 tahun, tidak ada pertandingan sepak bola yang di adakan di Lapangan Swelogiri sehinga menimbulkan kerinduan.

Kegiatan turnamen sepak bola Ikasago Cup antarklub se Kabupaten Kebumen diawali dengan perbaikan lapangan sehingga layak kembali untuk menjadi tempat pertandingan sepak bola di bandingan kondisi sebelumnya.

Perbaikan lapangan Swelogiri telah dilakukan hampir 1 bulan. Saat ini kondisinya kembali layak untuk digunakan pertandingan sepak bola. Nantinya lapangan Swelogiri selain digunakan oleh Ikasago dalam turnamen ini, juga dimanfaatkan oleh anak muda serta komponen masyarakat lainnya untuk kegiatan olah raga. Tentu dengan tetap berkoordinasi dengan Kodim 0709 Kebumen.

Ikasago melakukam perbaikan lapangan Swelogiri yang merupakan bagian dari dedikasi pengabdian para alumni dalam mendukung kemajuan olah raga pada umumnya dan sepak bola pada khususnya di wilayah Gombong dan Kebumen. Ini sesuai dengan tagline Ikasago, Selalu Berkarya untuk Kemajuan Indonesia.

Panitia pelaksana akan memberikan hadiah piala dan uang pembinaan bagi klub sepak bola pemenang Juara 1, 2, dan 3 serta 4, dan pencetak gol terbanyak. Penyelenggara juga menyediakan bingkisan kepada penonton yang membeli tiket dan akan diundi pada saat partai final.

Harga tiket termasuk murah hanya Rp. 5.000. Pada H-1 menjelang partai final juga akan di selenggarakan pertandingan eksebisi sepak bola wanita antaraklub dari Purworejo dan Purbalingga.

Menurut Faisal Ibrahim, panitia berharap pelaksanaan turnamen berjalan lancar dan mendapat sambutan antusias penonton. Bahkan ke depannya berdampak positif kepada banyaknya kegiatan olah raga yang dihelat di lapangan Swelogiri. Sekaligus demi kemajuan persepakbolaan dan olah raga di Gombong serta Kebumen.

Komper Wardopo