blank
Acara sikat gigi bersama di SDN 10 Wonosobo. Foto : SB/dok Diskominfo

WONOSOBO(SUARABARU.ID)– Guna mendukung terwujudnya Indonesia bebas karies pada 2023, kurang lebih 2163 siswa dari 6 SD dan MI di Wonosobo melaksanakan sikat gigi bersama yang dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Acara sikat gigi bersama dilakukan di SDN 10 Wonosobo sejumlah 638 murid, SDN 01 Kertek 379 siswa, SDN 1 Sedayu Sapuran 355 peserta didik, MIMA Kalibeber Mojotengah 482 murid, MI Muhammadiyah dan MI GUPPI Selomerto 309 murid.

“Memperingati HKGN yang jatuh pada tanggal 12 September 2022 ini, adakan gerakan sikat gigi serentak se-Indonesia, khusus di Wonosobo diikuti 2163 siswa, dari 6 SD/MI yang ditunjuk,” tutur Ketua Cabang Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wonosobo drg Jauhari Mursid.

Baca Juga: Peringati HUT ke-21, Partai Demokrat Wonosobo Gelar Kenduri di Wadaslintang

Dia mengatakan hal itu dalam acara HKGN, di SD N 10 Wonosobo. Kegiatan sikat gigi bersama yang mengusung tema “Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia” dilaksanakan serentak se-Indonesia pada pukul 09.00 WIB.

“Kami bersama-sama akan melaksanakan sikat gigi bersama secara serentak pada pukul 09.00 WIB nanti,” jelasnya.

Bupati Afif Nurhidayat menyampaikan, proses edukasi tentang bagaimana cara merawat gigi melalui tata cara menggosok gigi yang baik dan benar, diharapkan menumbuhkan kesadaran bagi anak akan kepedulian merawat gigi sejak dini.

Baca Juga: Polres Wonosobo Salurkan Bansos dari Polda Jateng

“Tadi sudah diberikan edukasi bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar, saya berharap anak-anak Wonosobo memiliki gigi yang terawat dan sehat sejak dini,” ungkapnya.

Perilaku Sehat

blank
Penerbangan balon usai acara sikat gigi bersama di SDN 10 Wonosobo. Foto : SB/dok Diskominfo

Afif meminta, setelah kegiatan ini selesai, anak-anak terus dapat menerapkan perilaku sehat, salah-satunya gosok gigi secara rutin dan berkelanjutan melalui pendampingan orang tua.

“Apa yang sudah diajarkan, saya minta diterapkan di rumah masing-masing, mudah-mudahan kegiatan serupa bisa diadakan di Sekolah lainnya,” pinta bupati.

Baca Juga: Bulan Dana PMI Wonosobo 2022 Ditarget Capai Rp 1,7 Miliar

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonosobo dr Mohammad Riyatno menekankan, pentingnya mengajarkan anak-anak untuk menjaga kesehatan gigi sejak dini, sebab kesehatan yang baik dimulai dari rongga mulut yang terjaga dengan sehat.

“Kegiatan sikat gigi masal ini merupakan hal yang luar biasa, sebab kesehatan yang baik dimulai dari rongga mulut yang terjaga dan sehat,” pungkasnya.

Sebelum pelaksanaan, para siswa diberikan penyuluhan dan edukasi tentang bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar oleh tim penyuluh dan pendamping.

Muharno Zarka