Poster film Ngeri-ngeri Sedap. Foto: imdb.com.
Poster film Ngeri-ngeri Sedap. Foto: imdb.com.

SUARABARU.ID – Film “Ngeri-ngeri Sedap” terpilih mewakili Indonesia untuk maju dalam kompetisi film di ajang Piala Oscar ke-95 untuk kategori Penghargaan Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award).

Terpilihnya film “Ngeri-ngeri Sedap” ini diumumkan Komite Seleksi Oscar Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta, pada Senin (12/9/2022). Deddy Mizwar selaku salah satu anggota komite menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti ajang Oscar. Salah satunya adalah film yang sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut.

“Ngeri-ngeri Sedap” merupakan film garapan sutradara Bene Dion Rajagukguk. Film ini berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern. Meski kental dengan budaya Batak, namun konflik keluarga yang diangkat di film ini dinilai sangat relate keluarga dari latar belakang suku apapun.

Pada saat tayang di bioksop pada pertengahan tahun ini, film “Ngeri-ngeri Sedap” berhasil masuk kategori box office dengan raihan 2,8 juta penonton dan jadi film ketiga terlaris tahun ini.

Sebelum “Ngeri-ngeri Sedap”, Indonesia sudah pernah mengirimkan film “Nagabonar” (1987) sebagai perwakilan di kategori The International Feature Film Award. “Nagabonar” sekaligus jadi film Indonesia pertama yang dikirim ke Oscar sepanjang sejarah perfilman Tanah Air.

Penyerahan Piala Oscar 2023 atau The 95th Academy Awards sendiri baru akan dilakukan pada 12 Maret 2023 mendatang.

Sofie