blank
Ilustrasi pertanian sebagai sektor penopang ekonomi nasional. (Foto: Liputan 6).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggelar kegiatan penyuluhan pertaninan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) di sektor pertanian. Karena saat ini pertanian merupakan sektor yang krusial dalam menopang perekonomian nasional.

Kegiatan penyuluhan yang rencananyan digelar 14 September – 30 September 2022 di Aula BKD Kabupaten Jepara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko di Gedung Shima, Kompleks Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara pada Rabu, (14/9/2022).

Acara upacara pembukaan dengan tema “Pelatihan Teknis Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Penyuluh Pertanian Kabupaten Jepara tahun 2022” juga dihadiri oleh Sumarhendro selaku Kepala Bidang Pengembangan Teknis Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara Ratib Zaini, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jepara Ony Sulistijawan.

Dalam pengarahannya, Edy menyampaikan bahwa penyuluh pertanian merupakan ujung tombak dalam hal pertanian maupun peternakan. Sehingga diharapkan dapat betul-betul menyentuh kualitas dan kompetensi yang ada di lapangan. Sebab, masyarakat percaya bahwa penyuluh pertanian serba bisa.

“Semoga dalam pelaksanaan (pelatihan-red.) bisa dilaksanakan di lapangan. Ayo kita getok tularkan ilmunya. Jangan kalah dengan petaninya,” terang Edy.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BKD Kabupaten Jepara Ony Sulistijawan memaparkan bahwa peserta pelatihan diikuti oleh sekitar 40 tenaga penyuluh pertanian di Kabupaten Jepara. Tenaga pengajar merupakan widyaiswara dari BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

“Pelatihan akan dilaksanakan secara klasikal dengan ceramah, tanya jawab, dan observasi,” papar Ony.

ua/kominfo