Lokasi kecelakaan maut yang menewaskan 6 korban di Simpang Tiga Kertek Wonosobo. Foto : SB/dok Satlantas

 

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kecelakaan maut yang melibatkan bus pariwisata dan empat mobil lainnya di Simpang Tiga Pasar Kertek Wonosobo, Sabtu (10/9/2022) pukul 02.00 WIB, menyebabkan 6 korban meninggal dunia dan 2 korban lainnya mengalami luka berat.

Berdasarkan sumber SUARABARU.ID, ada lima kendaraan yang terlibat tabrakan antara lain Mercedes Benz Bus Pariwisata Medium (N-7944-US), Mitsubishi L300 Pick Up (AA-8948-YF), Mitsubishi L300 Pick Up (STNK belum ditemukan), Toyota Kijang Innova dan Nissan Livina.

Dua korban yang mengalami luka berat yalni Muhammad Ainun Zaki dan Galih Setiawan. Ainun luka lecet di kaki kanan dan memar di kepala sedang Galih mengalami luka terbuka kepala tergolong luka berat.

Baca Juga: Ini Penyebab Bus Pariwisata Kecelakaan di Simpang Tiga Kertek

Adapun korban meninggal meliputi Supono, Nur Suwarto, Ponijan, Andi Bahtiar, Yuliani dan Dita. Korban meninggal rata-rata menggalami luka parah terbuka di bagian kepala.

Kronologi Kejadian

Kondisi mobil pick up yang ringsek akibat dihantam bus pariwisata yang alami rem blong. Foto : SB/dok Satlantas

Sementara itu, Kasatlantas Polres Wonosobo, AKP Ragil Irawan, SH MH menyebut, identitas pengemudi Mercedes Benz Bus Pariwisata Medium (N-7944-US) bernama Hardiyatna Adhita (34) Desa Sumber Kedawung, Leces, Probolinggo.

Kemudian, pengemudi Mitsubishi L300 Pick Up (AA-8948-YF) bernama Untung (58) asal Dusun Ngadisuko, Desa Sindupaten, Kertek, Wonosobo dan pengemudi Mitsubishi L300 Pick Up (STNK belum ditemukan) bernama Supono.

“Kronologi kejadian bermula dari Mercedes Benz Bus Pariwisata yang berpenumpang 39 orang melaju dari arah Parakan menuju Wonosobo. Namun, diduga rem tidak berfungsi sehingga membentur Mitsubishi L300 Pick Up (AA-8948-YF) yang melaju searah di depannya,” terang dia.

Baca Juga: Serempetan dengan Truk, Seorang Pengendara Motor di Kudus Tewas

Kemudian, lanjut Kasatlantas, kendaraan masih melaju hingga kurang lebih 2 kilometer dan membentur Toyota Kijang Innova dan Nissan Livina yang terparkir di pinggir jalan. Lalu, kendaraan membentur tugu dan pagar takesi serta Mitsubishi L300 Pick Up.

Muharno Zarka