blank
Ketua TP PKK Kabupaten Wonosobo Dyah Afif Nurhidayat ketika melantik TP PKK Kecamatan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo menggelar acara pelantikan serah terima jabatan Ketua TP PKK dan pengukuhan Bunda PAUD di Pendopo Bupati Wonosobo setempat.

Ketua TP PKK Kabupaten Wonosobo, Dyah Afif Nurhidayat melantik langsung 6 Ketua TP PKK Kecamatan yakni Kalibawang, Mojotengah, Garung, Sapuran, Sukoharjo dan Wadaslintang. Selain itu, juga mengukuhkan 6 orang Bunda PAUD.

Bupati Afif Nurhidayat, mengatakan TP PKK ini merupakan satu kelembagaan yang harus disupport. Apalagi jika melihat perannya yang cukup besar dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“PKK merupakan salah satu lembaga yang harus disupport. Karena disadari atau tidak faktanya peran TP PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di lapangan luar biasa,” ujarnya.

Di sisi lain, kata Afif, TP PKK juga cukup cepat menyatu dengan masyarakat, kedekatan ini tentunya berdasar, mengingat kader-kader TP PKK berada di tingkatan masyarakat paling rendah dengan Dasa Wisma-nya.

“Termasuk di dalamnya menghadapi berbagai macam persoalan yang begitu berat. Apalagi hari ini inflasi tinggi, harga BBM naik. Tapi saya optimis nanti TP PKK akan bisa hadir dan bisa membantu tugas-tugas Camat di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Generasi Berkualitas

blank
Ketua TP PKK Kabupaten Wonosobo Dyah Afif Nurhidayat berharap TP PKK bisa lahirkan genarasi berkualitas. Foto : SB/Muharno Zarka

Dikatakan, apa yang disampaikan Ketua TP PKK jangan dijadikan beban. Tapi jadikan itu sebuah tantangan. Semoga sinergitas dan kolaborasi yang sudah kuat selama ini, bersama-sama terus diperkuat lagi.

Sehingga, harap Bupati, ke depan TP PKK bisa hadir lebih baik dari apa yang sudah dilakukan selama ini. Permasalahan yang ada bisa diselesaikan bersama dengan pemangku kepentingan setempat.

“Permasalahan di Wonosobo masih cukup banyak yang menjadi tanggung jawab bersama. Di mana TP PKK akan sangat banyak berperan dan harapanya melalui gerakan PKK ini, bisa ikut berperan menurunkan permasalahan yang ada,” katanya.

Permasalahan tersebut, lanjutnya, mulai dari prevalensi stunting yang masih tinggi. Banyaknya angka perkawinan usia anak dan masih terdapat usia sekolah yang saat ini tidak sekolah.

TP PKK dan Bunda PAUD, sebutnya, perlu menyiapkan generasi yang berkualitas dan berkarakter dengan pendidikan anak usia dini. Dalam rangka membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak menjadi generasi emas adalah hal yang sangat penting.

“Karena itu, bersama Bunda PAUD dan Tim Penggerak PKK mari galakan progam-program pemerintah dengan menjadi mitra kerja yang baik. Mendukung dan membantu Pemkab Wonosobo dalam rangka mewujudkan daerah yang berdaya saing, maju dan sejahtera,” ungkapnya.

Muharno Zarka