blank
Ilustrasi Gyudon ala Jepang. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Irisan daging tipis dengan bumbu meresap menjadi salah satu lauk terbaik untuk nasi putih hangat, dan ini bisa Anda temukan pada beef bowl khas Jepang salah satunya pada gyudon.

Dilansir Suara.com, Gyudon sendiri berasal dari dua kata Bahasa Jepang yaitu gyu dan donburi. Gyu merupakan kependekan dari guniku yang berarti daging sapi, sementara donburi berarti nasi dalam mangkuk. Jadi, gyudon merupakan sajian kesatuan antara daging sapi dan nasi dalam mangkuk, bukan salah satunya saja.

Salah satu olahan gyudon yang terkenal kenikmatannya adalah gyudon milik restoran Jepang, Yoshinoya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa membuat sendiri gyudon ala resto di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana.

Baca Juga: Resep: Hakau Dimsum Isi Udang

Dilansir dari kanal YouTube Ade Koerniawan, berikut resep gyudon rumahan ala Yoshinoya.

Bahan:
– 500 gram irisan daging sapi
– 6 sendok makan mirin atau 3 sendok makan gula pasir
– 3 sendok makan kecap asin jepang
– 1 buah bawang daun
– 1/2 buah bawang bombay
– 1 sendok teh bawang putih cincang
– 1 butir telur
– Merica
– Kaldu jamur

Cara membuat gyudon ala Yoshinoya:
1. Panaskan daging tanpa menambahkan minyak, karena bagian daging sudah mengandung banyak minyak (supaya tidak terlalu oily) pastikan daging yang dimasak tidak beku.
2. Setelah berubah warna kecoklatan, tambahkan bawang putih cincang, aduk sampai merata lalu tambahkan mirin dan kecap asin, aduk kembali sampai merata dengan daging.
3. Selanjutnya, tambahkan merica dan kaldu jamur, aduk kembali dengan daging sampai benar-benar matang merata.

Baca Juga: Resep: Ayam Goreng Lengkuas

4. Jika daging sudah benar-benar matang, angkat lalu tuangkan ke atas mangkuk yang sudah diisi nasi putih.
5. Setelah itu, tambahkan telur di atasnya selagi masih panas, supaya telur bisa matang dengan sendirinya. Jika Anda tidak menyukai telur setengah matang, masak terlebih dulu telur tersebut.
6. Gyudon ala Yoshinoya siap disantap

Bagi beberapa orang yang masih ragu untuk menambahkan mirin ke dalam gyudon, Anda bisa menggantinya dengan gula pasir lalu mengubah takarannya menjadi setengah saja. Ini akan menggantikan sedikit rasa manis yang dibutuhkan untuk makanan satu ini.

Jika Anda ingin mengganti sumber protein dengan daging lain, bisa-bisa saja, hanya saja nama makanan satu ini akan berubah karena nama Gyudon berarti adanya daging sapi di sana. Beberapa contohnya adalah tendon atau nasi mangkuk dengan tempura, oyakodon atau nasi mangkuk dengan paha ayam dan telur, dan masih banyak jenis beef bowl lainnya.

Claudia