blank
Ilustrasi buah apel. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apel merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan kekebalan. Ada beberapa hal yang membuat para ahli kesehatan dan ahli gizi menyarankan Anda makan sebuah apel setiap harinya.

Dilansir dari Suara.com, apel tidak hanya bergizi, tetapi juga membantu menurunkan berat badan. Ini karena apel kaya akan serat dan air yang membuatnya mengenyangkan. Buah apel juga baik untuk jantung karena memiliki polifenol yang bisa menurunkan tekanan darah.

Selain itu, apel berkaitan dengan risiko diabetes yang lebih rendah. Konsumsi apel setiap hari bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal itu karena apel memiliki pektin, yakni sejenis prebiotik yang membantu meningkatkan kesehatan usus.

Baca Juga: Empat Kebiasaan Ngemil yang Dapat Turunkan Kesehatan Otak

Ahli gizi, Nmami Agarwal menyarankan makan apel di pagi hari tepat setelah bangun tidur untuk mendapatkan manfaat kesehatan luar biasa.

Kebanyakan orang memilih minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari untuk meningkatkan kewaspadaan. Namun, rupanya makan apel setiap kali bangun tidur di pagi hari justru lebih baik dan sehat.

“Apel tidak mengandung kafein, tetapi mengandung banyak gula alami yang membangunkan Anda atau meningkatkan kewaspadaan di pagi hari,” kata ahli, dikutip dari Indian Express.

Baca Juga: Lima Makanan Penambah Darah, Dapat Membantu Terhindar Anemia

Agarwal juga mengatakan bahwa apel mengandung banyak serat yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah Anda.

Jika tidak suka mengonsumsi apel dalam bentuk mentah, Anda bisa mengubahnya menjadi smoothie atau menjadikannya bagian dari salad.

Anda juga bisa minum jus campuran apel, bit dan wortel setidaknya sekali sehari untuk meningkatkan kekebalan dan membuat kulit bercahaya alami.

Claudia