Ilustrasi daging merah. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Anemia merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang merasa lemas dan tampak pucat karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Padahal, zat besi ini merupakan komponen yang sangat penting untuk membentuk sel darah merah.

Dilansir dari Suara.com pada Jumat (2/09/2022), kondisi anemia ini menyebabkan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh karena jumlah sel darah merah rendah yang sedikit.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa makanan yang bermanfaat untuk menambah darah, sehingga kita akan terhindar dari anemia. Berikut ini 5 makanan penambah darah yang telah dirangkum dari laman Halodoc.

Baca Juga: Empat Kebiasaan Ngemil yang Dapat Turunkan Kesehatan Otak

1. Sayur berdaun hijau gelap

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan hemoglobin yang berfungsi membawa dan menyimpan oksigen di dalam tubuh. Selain itu, zat besi membantu menjaga sel-sel tubuh untuk menyimpan oksigen.

Nah, makanan yang dapat menambah zat besi dalam tubuh ada pada sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam dan kale. Sayur ini bisa menjadi salah satu alternatif penambah darah yang bagus untuk tubuh.

2. Daging merah

Daging merah, seperti daging sapi dapat menambah sel darah merah di dalam tubuh. Disarankan bagi pengidap anemia untuk mengonsumsi daging sapi 2 hingga 3 kali seminggu.

Mungkin ada beberapa orang yang menghindari daging sapi ini. Namun sebenarnya daging ini cukup bagus untuk menambah darah asalkan tetap dikonsumsi dalam batas yang wajar dan menghindari mengonsumsi bagian lemaknya.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Madu Murni Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menyembuhkan Luka

3. Buah bit

Salah satu jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk menambah darah adalah buah bit. Hal ini karena buah bit mengandung vitamin B9 atau asam folat yang membantu produksi sel darah merah. Kamu bisa membuatnya menjadi jus untuk dikonsumsi. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan buah bit ke dalam salad.

4. Telur

Telur ayam tidak hanya memiliki sumber protein yang baik tetapi juga bermanfaat menambah sel darah merah. Telur memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan juga gizi lain seperti kalsium, karbohidrat, vitamin B1, dan vitamin B2 yang baik bagi para pengidap anemia.

5. Susu

Minuman satu ini juga bermanfaat untuk pengidap anemia. Selain mengandung kalsium, yang tinggi susu juga kaya akan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Konsumsi susu dapat meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh agar terhindar dari risiko anemia.

Itulah 5 makanan penambah darah yang dapat dikonsumsi. Nah, ternyata tak melulu harus menggunakan obat untuk menambah darah karena sayur dan buah tersebut dapat dimanfaatkan.

Claudia