blank
Tim Pengawas Latihan dari Staf Latihan Angkatan Darat yang dipimpin Kolonel Inf Slamet Riyadi selaku Paban III/Bin Proglatsi Slatad, saat mengunjungi Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif R 400/Banteng Raider. Foto: Dok/Pemdam IV

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengawas Latihan (Waslat) dari Staf Latihan Angkatan Darat (Slatad) yang dipimpin Kolonel Inf Slamet Riyadi selaku Paban III/Bin Proglatsi Slatad, kunjungi Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif R 400/Banteng Raider.

Kunjungannya tersebut dalam rangka pengecekan akhir menjelang keberangkatan latihan puncak antar kecabangan.

Dalam kegiatan tersebut tim didampingi Asops Kasdam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Horasman Pakpahan dan para Dansat yang terkait pelaksanaan YTP.

Menurut Kolonel Inf Slamet Riyadi, tujuan
kunjungan tersebut untuk mengecek secara langsung, sejauh mana kesiapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro yang tergabung dalam latihan YTP Yonif R 400/BR, serta memberikan motivasi kepada seluruh prajurit.

Dihadapan seluruh prajurit, Kolonel Inf Slamet Riyadi mengatakan, Yonif R 400/BR merupakan salah satu satuan yang dibanggakan oleh Angkatan Darat. Mengingat sejarah panjang serta segudang prestasi yang dimiliki.

“Yonif R 400/BR memiliki sejarah panjang dan segudang prestasi. Maka melalui pelaksanaan YTP, tunjukkan bahwa prajurit Kodam IV/Diponegoro bisa kembali menorehkan tinta emas yang dapat membanggakan Angkatan Darat,” tandasnya, Jumat (2/9/2022).

Kolonel Inf Slamet Riyadi menyebut bahwa Yonif R 400/BR harus bangga karena ditunjuk untuk melaksanakan YTP. Sebab tidak semua Batalyon bisa melaksanakan latihan tersebut. Diharapkan bisa dilakukan secara maksimal, tanpa adanya pelanggaran maupun hal-hal yang dapat merugikan personel, materiil.

“Kalian harus bangga, karena pada tahun ini hanya ada 3 Batalyon yang melaksanakan latihan ini, salah satunya Yonif R 400/BR. Maka maksimalkan pelaksanaannya, hindari pelanggaran, manfaatkan kegiatan ini untuk lebih memupuk kekompakan maupun jiwa korsa antar prajurit,” terangnya.

“Meskipun kalian gabungan dari beberapa korps satuan, tetapi semua adalah Batalyon Tim Pertempuran Yonif R 400/BR yang akan mengharumkan nama Kodam IV/Diponegoro kepada komando atas melalui kegiatan latihan YTP,” tegasnya.

Sementara itu pesan Kolonel Inf Slamet Riyadi kepada seluruh personel yang terlibat YTP agar selama pelaksanaan mengutamakan faktor keamanan, mulai dari Serpas, pada pelaksanaan kegiatan, maupun kembali ke homebase.

“Kegiatan ini dinyatakan bagus ataupun berhasil apabila zero accident pada pelaksanaannya,” imbuhnya.

Setelah mengecek langsung sekaligus memberikan pengarahan motivasi kepada seluruh personel, Ketua Tim dari Slatad menyatakan, Batalyon Tim Pertempuran Yonif R 400/Banteng Raider siap untuk melaksanakan latihan YTP.

Ning Suparningsih