blank
Rektor Unika, Ferdinand, unjuk suara dengan menyanyikan 'Ojo Dibandingke' di hadapan para mahasiswa baru, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Semarang, Dr Ferdinand Hindiarto SPsi MSi, membuka kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB), yang dimulai pada Selasa-Minggu (30 Agustus-3 September 2022).

Dalam kesempatan itu, Rektor menyampaikan ucapan selamat datang kepada ‘Soegija Muda’, sebutan untuk para mahasiswa baru Unika. Dia juga kemudian memperkenalkan para wakil rektor serta dekan di setiap fakultas.

”Untuk mencapai cita-cita mau jadi apa, maka perlu dilakukan dan dimulai dengan langkah kecil. Dan mulainya dari hari ini. Hari ini akan dimulai sebuah perjalanan untuk menempa diri, guna menggapai cita-cita,” kata Ferdinand dalam sambutannya.

BACA JUGA: Dua Mahasiswa USM Ukir Prestasi di Kejuaraan Taekwondo Internasional di Myanmar

Disampaikan dia, semangat kesukacitaan dalam belajar ini berusaha diwujudkan dengan menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan bermakna. Hal ini agar mahasiswa dapat mencapai kesukacitaan dalam belajar, yang kemudian dipopulerkan dengan istilah ‘Joyful Learning’.

”Anda harus belajar banyak hal. Tidak hanya ilmunya saja, tetapi banyak hal, karena yang akan dihadapi nanti situasi tidak mudah, banyak ketidakpastian. Maka dengan banyak belajar, akan menjadi manusia-manusia kuat,” tuturnya.

Kegiatan PTMB hari pertama di Unika memang berlangsung semarak. Hal itu tak lain karena Rektor Unika unjuk suara di depan para mahasiswa baru, dan segenap tamu undangan lain. Dia menyanyikan tembang ‘Ojo Dibandingke’, yang dipopulerkan Farel Prayoga di Istana Negara beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Semen Gresik Bersama Kementerian BUMN Dukung Pendidikan Anak Abdi Dalem Pura Mangkunegaran

”Wong Unika kok dibanding-bandingke, saing-saingke, yo mesthi menange, tak oyak’o aku yo mesthi aku mampu, mung sak kuatku mencintaimu, ku berharap engkau mengerti, di hati ini hanya ada mahasiswa baru,” begitu nyanyian Rektor yang langsung disambut tepuk tangan meriah para “penonton”.

Sebagai puncak acara PTMB Unika Soegijapranata ini, nantinya setiap ‘Soegija Muda’ yang sudah tergabung dalam fakultas masing-masing, akan dikumpulkan di Lapangan Albertus Unika Soegijapranata, untuk lomba yel-yel antarfakultas.

Riyan