Peserta dari Satkordikcam Donorojo saat senam kreasi Pelajar Pancasila

JEPARA(SUARABARU.ID)-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Rabu (31/8/2022) menggelar lomba senam kreasi Pelajar Pancasila. Lomba digelar di Gedung PGRI Kabupaten Jepara. Mendapat kesempatan menampilkan senam kreasi yang baru dikenalkan kepada mereka, peserta begitu bersemangat. Hal itu menjadikan lomba berlangsung meriah.

“Selain untuk menggencarkan sosialisasi implementasi Kurikulum Merdeka, lomba ini kami gelar untuk memacu kreativitas dan semangat siswa di Kabupaten Jepara. Mereka harus mendapat sebanyak mungkin kesempatan mengembangkan bakat,” kata Kepala Bidang SD Disdikpora Kabupaten Jepara Edy Utoyo.

Kabid SD Disdikpora Jepara Edy Utoyo menyerahkan hadiah lomba

Seluruh peserta diberi kebebasan berkreasi dalam senam tersebut. Kreasi gerakan harus memasukkan enam atau dimensi profil pelajar Pancasila.

“Yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif,”  kata Edy Utoyo.

Wakil Satkordikcam Jepara keluar sebagai juara 1 lomba senam kreasi Pelajar Pancasila

Subkoordinator Pengendalian Mutu SD Nurul Afifah mengatakan, peserta lomba berasal dari jenjang SD, perwakilan satuan koordinasi pendidikan kecamatan (satkordikcam) se-Kabupaten Jepara.

“Tapi Karimunjawa tidak bisa hadir. Selain persoalan jarak, ada kendala lain juga,” katanya.

Sebelum maju ke tingkat kabupaten, peserta telah mengikuti seleksi di kecamatan masing-masing. Panitia menyediakan hadiah piala, piagam, dan uang pembinaan untuk juara 1 sampai juara 3. Namun pada detik-detik akhir menjelang lomba, ada tambahan piala dan piagam untuk juara harapan 1 sampai dengan juara harapan 3.

Para pemenang foto bersama

Dalam lomba itu, Satkordikcam Jepara yang diwakili SDN 1 Panggang menjadi juara 1, diikuti Kecamatan Pecangaan dan Kecamatan Kembang. Sedangkan juara harapan 1 sampai harapan 3 berturut-turut dimenangkan Kecamatan Tahunan, Bangsri, dan Donorojo.

 Hadepe