blank
(dari kiri) Dr Turahmat MPd, Supriyanto dan Dr Muhammad Afandi MPd

SUARABARU.ID Mahsiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unissula meraih prestasi gemilang dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Jawa Tengah di Tegal (26-27/8). Supriyanto meraih juara pertama kategori baca puisi.

“Saya tidak menyangka dapat mengalahkan para kontestan dari PTN PTS di Jateng yang kwalitasnya bagus bagus. Tentunya sangat bersyukur bisa juara. Terlebih bisa dilatih langsung oleh Pak Dekan. Beliau adalah dosen favorit saya yang sangat inspiratif,” ungkap mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) itu.

Ia menambahkan “Proses latihan cukup singkat hanya sekitar satu bulan yang dibina langsung oleh Dr Turahmat MPd. Disela-sela kesibukan sebagai Dekan FKIP, beliau masih menyempatkan untuk melatih mahasiswanya langsung agar menjadi juara. Latihan dilakukan di ruang kelas, di halaman kampus, kadang juga di TBRS Semarang,” lanjutnya.

Masih menurut Supriyanto, Peksimida merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Kemendikbudristek yang pelaksananya adalah Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) setiap daerah. Tujuannya untuk mengembangkan potensi mahasiswa terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra, dan seni rupa.

Dalam kompetisi tersebut Unissula mengirimkan beberapa mahasiswa terbaiknya di berbagai bidang untuk berkompetisi dengan puluhan peserta yang berasal dari berbagai PTN dan PTS se-Jawa Tengah.

Menurut Turahmat Supriyanto merupakan salah satu mahasiswa yang berprestasi dari Prodi PBSI, FKIP, Unissula. Dia sering mengasah bakat seninya dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan dan sering juara. Dekan juga memuji mahasiswanya sebagai mahasiswa yang punya mental juara dan  punya target dalam setiap kompetisi.

“Supriyanto adalah kandidat terbaik yang dipilih Unissula untuk bersaing dan memboyong piala pada Peksimida tahun ini,” ucap Turahmat.

Dekan senantiasa mendorong mahasiswanya untuk berprestasi di segala bidang. “Jadilah mahasiswa yang kreatif dan aktif menempa diri agar berprestasi dalam segala bidang,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor Unissula, Prof Dr Gunarto SH MH mengaku senang dan bangga dengan raihan prestasi ini, karena selain menambah koleksi piala yang diterima mahasiswa Unissula, juga dapat memotivasi mahasiswa lain untuk berprestasi di bidang akademik maupun seni.