blank
Para peserta UKW Angkatan Ke-35, berfoto bersama para penguji, usai acara penutupan. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah, Amir Machmud NS menyebut, pihaknya akan mempertahankan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), sebagai kegiatan mahkota PWI Jateng.

”Kami tidak terpengaruh dengan kegiatan di luar pendidikan wartawan, seperti kegiatan massal di depan publik. Tapi kami justru menganggap, UKW adalah forum utama untuk unjuk eksistensi wartawan,” kata Amir dalam sambutannya, pada acara penutupan UKW Angkatan Ke-35 PWI Jateng, di Hotel Khas Semarang, Kamis (25/8/2022).

Menurutnya, wartawan yang kompeten tak hanya mewakili dirinya sendiri atau medianya, tapi lebih jauh mewakili kehormatan martabat dan organisasi profesi.

BACA JUGA: Ratusan Kurir Milenial Wonosobo Deklarasikan Bergabung Sedulur Adriansyah Halim

Amir menyebutkan, wartawan-wartawan yang kompeten akan menunjukkan kepada publik, bahwa organisasi profesi yang menaunginya, punya kepedulian terhadapi peningkatan sumber daya manusianya.

”Sejak 2016 kami sudah menyelenggarakan 25 kali uji kompetensi. Tahun ini kami berkesempatan menggelar UKW empat kali, yaitu dengan Diskominfo Jateng, Semen Gresik Pabrik Rembang, SKK Migas Jabanusa & KKKS serta Dewan Pers,” tambah Amir.

Ditegaskannya, apa pun hasil dari UKW ini pihaknya menyampaikan rasa bangganya. Ke depan, pihaknya tetap memiliki keinginan lebih meningkatkan kualitas dan meng-upgrade profesionalitas wartawan.

BACA JUGA: Kepala BNN RI Melaunching Program Integrasi Pendidikan Anti Narkoba IPAN di Riau

”Bagi yang belum lolos, bukan berarti tidak kompeten sepenuhnya, tapi belum berkesempatan kompeten. Siapkan diri mulai sekarang, karena masih ada UKW-UKW yang akan datang,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam pengumuman hasil UKW yang diumumkan penguji, yang juga Ketua PWI DI Yogyakarta, Hudono, dari 23 peserta 21 di antaranya dinyatakan kompeten, dan dua orang tidak kompeten.

Dinobatkan sebagai Peserta Terbaik UKW Muda yaitu M Rizal Kurniawan dari Jawa Pos Radar Semarang dengan nilai 850. Sedangkan Terbaik UKW Madya adalah Aditya Wisnu Wardana (Radar Banyumas) dengan nilai 785.

BACA JUGA: Eksekutif Diminta Kaji Penerbitan AK 1 Minimal SMA

UKW Angkatan Ke-35 yang diselenggarakan bekerja sama dengan SKK Migas Jabanusa & KKKS, ditutup Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat, Hendro Basuki. Dalam sambutannya, Hendro menyampaikan, UKW sesungguhnya forum untuk bercermin diri, seberapa besar pencapaian kualitas yang telah dicapai.

Dia juga mengapresi organisasi PWI Jateng, yang memiliki pemimpin yang matang, rajin dan detail. Hendro menilai, keunggulan organisasi PWI diukur pada konsistensi program, guyubnya organisasi, dan manajerial kegiatan intra maupun ekstra.

Riyan