blank
Ilustrasi buah dan sayur. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Banyak orang yang rentan mengalami masalah jerawat atau kondisi peradangan pada kulit yang membuat menjadi kurang percaya diri. Adapun salah satu penyebab jerawat adalah akibat polusi atau paparan sinar matahari hingga membuat wajah menjadi kotor.

Oleh karena itu, sangat penting bagi siapapun baik wanita atau pun pria untuk menjaga kesehatan kulit tidak hanya dari luar namun juga bisa dari dalam.

Dilansir dari Suara.com, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang dapat memberikan kesegaran pada kulit. Kemudian, buah dan sayur juga mempunyai zat kolagen alami serta berfungsi dalam menjaga elastisitas kulit.

Baca Juga: Lima Manfaat Gula Palem Bagi Kesehatan

Disamping itu, buah dan sayur juga banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, serta vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Dirangkum dari rejuve.co.id, berikut ini adalah tiga jenis buah dan sayur untuk membantu mengatasi jerawat:

1. Buah Alpukat

Buah ini mengandung omega 3, antimikroba, dan vitamin C yang dapat mengurangi munculnya jerawat.

Baca Juga: Manfaat Blue Cheese Bagi Kesehatan, Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Memperbaiki Daya Ingat

Kemudian, buah alpukat ini mengandung sterolin yang dapat menghaluskan dan melembapkan kulit wajah. Pasalnya, alpukat mempunyai kandungan vitamin A, B, C dan E yang dapat melindungi dan memperbaiki sel kulit dari peradangan atau timbulnya jerawat.

Guna memperoleh hasil maksimal, buah alpukat dapat dijadikan jus atau langsung dioleskan ke wajah sebagai masker.

2. Sayur Kale

Kale adalah jenis sayuran dari keluarga kubis dan mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan kulit sehingga lebih cerah serta sehat.

Baca Juga: Lima Manfaat Cangkang Telur Bagi Kesehatan Tulang

Kale dapat meredakan peradangan dan infeksi pada kulit berjerawat. Kemudian, zat antioksidan pada sayuran kale ini dapat membersihkan pori-puri kulit dengan proses detoksifikasi. Mengonsumsi kale secara rutin dapat membuatmu merasakan manfaat kecantikan pada kulitmu.

3. Wortel

Dalam wortel kaya akan vitamin A, C dan E dan memiliki peranan sebagai antioksidan alami yang membuat produksi sel kulit sehat.

Kandungan betakaroten dan vitamin C pada sayuran berwarna oranye ini dapat membantu proses penyembuhan luka di kulit. Untuk mendapatkan nutrisi optimal yang terkandung pada wortel, kamu dapat mengonsumsi cold-pressed juice.

Nah itulah tadi tiga jenis buah dan sayur untuk membantu mengatasi jerawat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia