blank
Ilustrasi Olahraga. Foto: Fixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kebiasaan hidup sehat sangat penting untuk diterapkan agar memiliki umur panjang. Sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa menerapkan kebiasaan yang baik ini.

Dilansir dari Suara.com, padahal ada banyak cara sederhana untuk memulai hidup sehat. Berikut beberapa kiat sederhana yang bisa dilakukan untuk memulai pola hidup sehat merangkum dari laman Hellosehat.

1. Menghindari stres

Berbagai peristiwa yang telah dialami terkadang membuat seseorang rentan terkena stres seperti macet di jalan, tugas atau pekerjaan, keuangan, hubungan asmara, dan berbagai peristiwa hidup lainnya. Saat stres ini, semua sistem dalam tubuh akan meresponsnya dengan cara yang berbeda-beda.

Baca Juga: Pendampingan Koperasi Perak Sangat Bermanfaat Sesuai Kebutuhan Koperasi

Nah saat stres, cobalah untuk tenang sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan sampai merasa lebih rileks. Selain itu, buatlah diri merasa nyaman dengan cara yang disenangi agar terhindar dari stres sehingga hidup menjadi lebih sehat.

2. Memilih makanan yang baik

Salah satu faktor penting untuk kesehatan adalah makanan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi untuk menerapkan pola hidup sehat. Pastikan kita mengonsumsi makanan yang dengan gizi seimbang seperti karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.

Selain itu, penting untuk memperhatikan porsi makan untuk mencegah kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Memperhatikan makanan tersebut akan membuat kita dapat membatasai makanan yang masuk ke tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Lima Manfaat Gula Palem Bagi Kesehatan

3. Olahraga setiap hari

Olahraga tentu sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Tak melulu jogging atau pergi ke gym, berbagai jenis olahraga juga dapat dilakukan untuk menerapkan kebiasaan pola hidup sehat. Intinya apapun bentuk olahraga asalkan tubuh tetap bergerak.

Pada saat berolahraga, tubuh akan berusaha membakar kalori dan membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh untuk menjaganya tetap sehat. Jadi, olahraga ini juga sangat penting untuk membantu kebiasaan hidup sehat.

4. Kurangi konsumsi gula

Mungkin kita sudah sering mendengar anjuran ini untuk menerapkan hidup sehta. Namun, ternyata benar karena asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. Nah, penyakit diabetes ini membuat seseorang akan lebih rentan terkena berbagai penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu, cobalah kurangi konsumsi gula dan makanan manis lainnya yang mengandung banyak gula untuk memulai hidup sehat.

Itulah empat kebiasaan sederhana untuk memulai hidup sehat. Ternyata tak harus mahal dan ribet untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat.