“Karnaval Pembangunan ini lebih ramai dan masyarakat banyak terkesan berbagai macam adat budaya yang dipamerkan oleh para peserta,” kata Yanti, warga Purwodadi.

Salah satu keunikan dalam Karnaval Pembangunan ini adalah dari instansi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Grobogan.

Kepala Disnakertrans, Teguh Harjokusumo mengenakan kostum sosok Hayam Wuruk, Raja Majapahit yang berhasil mempersatukan Nusantara.

Selain itu, terlihat juga kemeriahan dari para pegawai Dinas Lingkungan Hidup Grobogan. Para pegawai terlihat serempak mengenakan kostum merah putih dengan menaiki sepeda hias dengan warna senada.

Dua tahun sebelumnya, pelaksanaan kegiatan Karnaval Pembangunan ini sempat ditiadakan lantaran adanya pandemi Covid-19. Di tahun 2022 ini, Karnaval Pembangunan kembali dilaksanakan dan mendapatkan apresiasi masyarakat.

Terlihat warga telah mengerumuni berbagai jalan protokol di Kota Purwodadi. Salah satunya di Jalan R Suprapto.

Ribuan warga memadati sisi barat dan timur Jalan R Suprapto untuk melihat aksi ratusan peserta Karnaval Pembangunan yang melewati jalur tersebut.

Di jalur ini merupakan salah satu rute favorit bagi masyarakat untuk menyaksikan langsung.

“Kalau nonton dari tempat start-nya kurang greget. Makanya, saya nonton di sini dan ternyata lebih meriah,” ujar Tari, warga Kota Purwodadi yang mennton pawai di Jalan R. Suprapto.

Tyaning Wiedya