blank
Ilustrasi olahraga untuk wanita hamil. Foto: ilustrasi/halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi wanita yang sedang hamil, disarankan agar tetap melakukan aktivitas olahraga.

Wanita hamil tidak menjadikan dirinya bermalas-malasan, namun harus diimbangi dengan melakukan olahraga sesuai yang direkomendasikan, agar proses persalinan berjalan lancar.

Dikutip dari Cianjur.Suara.com, wanita hamil perlu melakukan aktivitas olahraga seperti aerobik dengan intensitas sedang setiap minggunya selama 150 menit.

Beberapa olahraga yang disarankan untuk wanita hamil antara lain,

1. Squat, merupakan latihan kekuatan dinamis yang membutuhkan beberapa otot tubuh bagian atas dan bawah agar dapat bergerak secara bersamaan.

Squat yang lebih lebar dapat membantu ibu hamil berlatih memanjangkan dasar panggul.

2. Reverse flys, olahraga ini menggunakan hand weights yang ringan. Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, tekuk pinggang dan langsung angkat beban dari tubuh.

Gerakan ini untuk membangun otot punggung atas dan membantu menjaga postur tubuh bagian atas yang baik saat kehamilan berlangsung. Olahraga ini juga bagus untuk membangun otot agar terhindar dari sakit punggung akibat berjam-jam menyusui setelah melahirkan.

3. Glute bridges, caranya berbaring telentang dengan lutut ditekuk, turunkan kaki untuk mendorong pinggul ke atas.

Olahraga sederhana ini juga membangun stabilitas panggul dengan cara mencegah disfungsi simfisis pubis yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan parah di area panggul.

4. Prenatal yoga, adalah salah satu modifikasi hatha yoga yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil.

Tujuan prenatal yoga adalah untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik, mental, dan spiritual dalam menghadapi proses persalinan.

Peregangan yoga restoratif dapat menenangkan dan memusatkan perhatian. Selain itu, olahraga ini membantu meredakan nyeri, mengendurkan otot, meredakan ketegangan dan membantu ibu terhubung dengan pikiran dan tubuh.

Nah, itu tadi beberapa olahraga yang disarankan untuk wanita hamil, dalam mempersiapkan persalinan. Semoga bermanfaat.

Ning Suparningsih