blank
Gelar Wicara Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah di Pendopo Si Panji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu, (20/8/2022). Foto: Badan Bahasa Jateng

PURWOKERTO (SUARABARU.ID) – Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz mengatakan, revitalisasi bahasa daerah sangat penting dilakukan.

Hal ini mengingat semakin banyaknya bahasa daerah di Indonesia yang mengalami kondisi kritis, bahkan terancam punah. Berdasarkan laporan UNESCO, setiap dua minggu terdapat satu bahasa daerah di dunia yang mengalami kepunahan.

Hal itu disampaikan kata Aminudin alam acara Gelar Wicara Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah di Pendopo Si Panji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu, (20/8/2022).

Dikatakan Aminudin, upaya untuk melindungi bahasa daerah dari kepunahan terus didengungkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Pelindungan bahasa daerah tersebut diwujudkan dalam program Merdeka Belajar Episode ke-17: Revitalisasi Bahasa Daerah.