Kapolsek Tanggungharjo AKP Winarno dalam keterangannya mengatakan, setelah mengetahui adanya kebakaran ini, anggota Reskrim Polsek Tanggungharjo bersama tim Inafis Polres Grobogan mendatangi lokasi untuk melakukan olah TKP.

“Api pertama kali muncul diketahui oleh warga dari pabrik tahu milik Rusdiyanto, yang berada di Dusun Sendangmudal, Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo. Munculnya api berasal dari rumah produksi tahu bagian kiri yang berfungsi sebagai dapur tungku tempat penggorengan,” ujar AKP Winarno.

Kebakaran ini meludeskan pabrik tahu dan satu unit rumah yang berhahan kayu jati campuran. “Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi terjadi pada pabrik tahu milik Rusdiyanto yang berukuran 12 x 20 meter berbahan kayu jati campuran dan satu unit motor tua yang ludes terbakar,” tambah Kapolsek.

Api juga merembet ke rumah milik tetangga, yakni Suwartono, yang juga berbahan kayu jati campuran berukuran 5 x 10 meter

Dari olah TKP oleh Tim Inafis Polres Grobogan ditemukan penyebab kebakaran yang meludeskan pabrik tahu dan sebuah rumah warga ini.

Penyebab kebakaran yakni tungku tempat penggorengan tahu tidak dimatikan, karena pemiliknya lupa, dan kemudian langsung berangkat ke Semarang untuk mengirim pesanan tahu.

“Tungku apinya menyala, kemudian di atas tungku ada wajan yang berisi minyak bekas goreng tahu, kemudian membakar hingga merembet ke kayu bakar, sekam padi dan bonggol jagung yang mudah terbakar. Kemudian merembet lagi hingga ke rumah warga,” jelas Kapolsek.