blank
Api membakar rumah di perkampungan padat penduduk, di daerah Tosari, Jaraksari, Wonosobo. Foto: SB

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Kebakaran hebat melanda perkampungan padat penduduk di Tosari RT 12 RW 03, Kelurahan Jaraksari, Wonosobo, Kamis (18/8/2022), sekitar pukul 07.30 WIB pagi tadi.

Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo, Bambang Trie melaporkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun empat rumah warga habis terbakar, dan lima rumah lainnya mengalami kerusakan ringan.

”Belum diketahui jumlah kerugian material yang dialami. Tapi diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Terutama dari kerusakan empat rumah yang ludes terbakar,” kata Bambang.

BACA JUGA: FH USM Tindaklanjuti Setiap Masukan yang Membangun

Menurutnya, penyebab api diduga berasal kebocoran pada selang regulator. Saat itu kompor yang sedang digunakan untuk memasak, tiba-tiba meledak dan api cepat merambat ke atap rumah.

”Dugaan sementara, api berasal dari ledakan kompor yang bocor selang regulatornya. Ledakan kompor lalu menimbulkan percikan api, dan membakar seisi rumah,” imbuhnya.

Padatnya lokasi kebakaran, membuat api cepat merambat dan menghabiskan empat rumah milik Edi, Romadon, Sugeng dan Slamet Oriah.

blank
Tim Damkar, relawan BPBD dan warga setempat, berusaha memadamkan api. Foto: SB

BACA JUGA: Begini Mekanisme Pengeluaran dan Pengedaran Uang Kertas Baru

Sedangkan lima rumah lainnya milik Yoga, Joyo, Sardi, Yansen dan Lukito, mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Rumah yang terbakar posisinya saling berhimpitan.

Petugas BPBD akhirnya menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran, dan dua unit tangki water supply, untuk memadamkan api yang tengah membara. Dalam waktu tak lama, api pun berhasil dipadamkan.

Pemadaman yang dibantu tim gabungan, TNI-Polri, relawan BPBD dan warga setempat itu, membutuhkan waktu 1,5 jam.

Relawan dan warga kemudian membantu membersihkan puing-puing bekas kebakaran. Lokasi kebakaran pun diberi garis polisi.

Muharno Zarka