blank
Pembagian hadiah lomba gropyokan tikus di sawah oleh Forkopimcam. Foto: Satbinmas Blora

Sedangkan di wilayah Kecamatan Kedungtuban hasil lomba gropyokan tikus meliputi, di Desa Nglandeyan ditangkap 2.053 ekor tikus, di Wado 1.741 ekor, di Pulo menangkap 710 ekor, desa Gondel 660 ekor, desa Tanjung 458 ekor, desa Sidorejo 210 ekor, desa Sogo 100 ekor.

Desa Ketuwan 66 ekor, Kemantren 63 ekor, Panolan 54 ekor dan di Jimbung berhasil menangkap 31 ekor. Sehingga jumlah keseluruhan tikus yang berhasil ditangkap sebanyak 16.534 ekor tikus.

Pada kesempatan hari Kemerdekaan, Kapolres Blora AKBP Fahrurozi, SIK, MM, MH
mengapresiasi atas pelaksanaan lomba gropyokan tikus yang digelar pada saat hari kemerdekaan tahun ini.

Tanpa Jebakan Listrik

“Alhamdulilah ini adalah hasil kerja keras bersama, terutama warga di Blora selatan. Ini sebagai bukti nyata, bahwa pengendalian hama tikus sawah tidak harus menggunakan jebakan listrik namun dengan cara-cara yang ramah lingkungan nyatanya juga efektif dan bisa menangkap tikus dalam jumlah yang banyak,” jelas  Kapolres Blora kepada awak media. Kamis, (18/08/2022).

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan Pemkab Blora dalam rangka pengendalian hama tikus di wilayah Blora selatan.

“Tentunya sinergitas akan terus kita lakukan dan semua itu demi hasil panen yang lebih baik di wilayah Blora selatan,” tandas Kapolres Blora.

Untuk diketahui, setelah dilakukan penilaian oleh tim juri, juara lomba gropyokan tikus di kawasan Blora Selatan yakni sebagai Juara I desa Medalem Kecamatan Kradenan jumlah perolehan 4.258 ekor tikus. Juara II desa Sumber Kecamatan Kradenan memperoleh 2.969 ekor. Dan Juara III Desa  Nglandeyan Kecamatan  Kedungtuban jumlah 2.053 ekor tikus.

Sedangkan untuk Juara Harapan I Desa Wado Kecamatan Kedungtuban jumlah 1.741 ekor tikus. Dan Juara harapan  II Desa  Nglungger Kecamatan Kradenan Jumlah 1.215 ekor tikus. Juara harapan III Desa Mojorembun kecamatan Kradenan jumlah 1.083 ekor tikus.

Penyerahan hadiah dilakukan langsung oleh Forkopimcam kepada para pemenang lomba gropyokan tikus, usai upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tingkat Kecamatan setempat.

Kudnadi Saputro