blank
Kepala Sekolah SMP PGRI 1 Kuwarasan Endang Endyastuti mengenakan baret Pramuka kepada peserta Persami Sabtu (13/8) lalu.(Foto:SB/SMP PGRI1 Kuwarasan)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sekolah Menengah Tertua Pertama di Kuwarasan, SMP PGRI 1 Kuwarasan, Kebumen, telah memperingati Hari Pramuka Nasional dengan melaksanakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) (13-14/8).

Menurut Kepala Sekolah SMP PGRI 1 Kuwarasan Endang Endyastuti SPd Kamis (18/8), kegiatan tersebut untuk mencetak generasi siswa yang sesuai visi misi sekolah (Berakhlak Mulia, Berbudaya, serta Berprestasi) serta menularkan semangat Pramuka. Mengamalkan Kode Etik Kehormatan Pangkalan Panembahan Among Siswa dalam Pramuka termaktub dalam Tri Satya, dan Dasa Dharma.

Dalam mewujudkan langkah tersebut, balutan acara juga dirangkai dalam momentum Kemah Penerimaan Tamu Penggalang, dan Pengukuhan Dewan Penggalang Pangkalan, serta Penyematan Tutor Sebaya. Tiga rangkai simbol ini diharapkan dapat mewujudkan regenerasi yang terus menerus berproses menjadikan peserta didik memiliki jiwa Pramukayang solid.

blank
Siswa anggota Pramuka SMP PGRI 1 Kuwarasan Kebumen menggelar api unggun pada Persami Sabtu (13/8) malam.(Foto:SB/SMP PGRI1 Kuwarasan)

Persami diikuti oleh seluruh warga sekolah, termasuk kehadiran Dewan Alumni Pangkalan Lintas Angkatan turut membersamai sehingga acara berjalan lancar. Tak hanya dikemas dalam kegiatan Persami pada umumnya, setidaknya ada puluhan paket sembako telah di bagikan kepada warga sekitar sekolah yang membutuhkan, sebagai wujud azas manfaatkeberadaan sekolah yang nyaman dan ramah anak.

Kepala Sekolah selaku KaMabigus Pangkalan Endang Endyastuti menyampaikan selamat berproses kepada semua peserta Persami. Semoga menjadi kader Pramuka yang mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma, serta nama baik Pangkalan.

Ka Mabigus juga berharap dengan semangat Hari Jadi Pramuka ini dapat menjadi inspirasi untuk terus bermanfaat bagi lingkungan sekitar, dengan tetap mengutamakan disiplin, gotong royong serta tekun belajar sebagai aktivis Pramuka.

Komper Wardopo