blank
Suasana peresmian  UNS Inclusion Matrics yang berlangsung di pelataran Danau Kampus Kentingan Solo, Rabu (17/8/2022). Foto: Dok/Humas UNS

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan UNS Inclusion Matrics, yang merupakan sebuah inovasi model perankingan yang dikembangkan oleh Pusat Studi Difabilitas (PSD) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS.

“UNS Inclusion Matrics ini sebagai upaya positif untuk mengukur Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia dalam mengimplementasikan kampus ramah disabilitas. Sekaligus mendorong perguruan tinggi (PT) menuju kampus inklusif yang ramah disabilitas,” kata Rektor UNS  Prof Dr Jamal Wiwoho ketika meresmikan UNS Inclusion Matrics. Peresmian ini diselenggarakan di pelataran Danau Kampus UNS, Rabu (17/8/2022).

Selain untuk mengukur tingkat inklusivitas di perguruan tinggi, lanjut Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho, UNS Inclusion Matrics juga difungsikan mengeluarkan kebijakan PT terkait pendidikan inklusi.

Juga mengenai  bagaimana PT membangun budaya inklusi, mewujudkan praktik pendidikan inklusi di bidang akademik. Serta mengimplementasikan hal berkaitan dengan administratif, kemahasiswaan, dan sarana prasarana yang ramah disabilitas.