blank
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Tiga ganda campuran Indonesia yang akan berlaga di ajang bulu tangkis Kejuaraan Dunia 2022 mendapat undian yang cukup bagus. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari cs tidak langsung bertemu pasangan-pasangan kuat seperti Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) atau Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang).

Rinov/Pitha mendapat bye di babak 64 besar karena diunggulkan di tempat ke-13. Sementara Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akan menghadapi Lee Jhe-Huei/Hsu Ya Ching asal Chinese Taipei dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela bersua wakil Denmark, Mikkel Mikkelsen/Rikke Søby.

“Hasil undian cukup bagus. Di sini Rinov/Pitha termasuk unggulan karena di Kejuaraan Dunia daftar unggulannya sampai 16, jadi di babak-babak awal belum bertemu unggulan lain,” kata Nova Widianto, pelatih ganda campuran.

“Untuk Rehan/Lisa dan Zacha/Bela juga bagus karena hasil undian kan untung-untungan. Mereka tidak langsung bertemu pasangan yang sangat kuat, istilahnya begitu,” lanjut Nova.

Walau begitu, Nova tidak main-main dalam mempersiapkan anak asuhnya. Selama kurang lebih satu bulan semua aspek diperbaiki lewat latihan intens.

“Setelah tur Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, dan Singapura ada waktu sebulan jelang Kejuaraan Dunia 2022. Jadi saya rasa cukup bagus persiapan anak-anak,” tutur Nova.

“Belajar dari hasil kemarin semua aspek pasti diperbaiki. Tapi untuk kondisi lapangan dan bola memang akan berbeda di Jepang dengan tiga turnamen kemarin, itu yang harus diantisipasi. Juga setelah dianalisa kita perkuat di pertahanan dan daya tahan serangan,” sambungnya.

Nova menyampaikan bahwa faktor penting yang sudah mulai mengalami kemajuan positif adalah komunikasi.

“Yang paling terlihat dari anak-anak adalah komunikasi mereka sudah semakin baik. Selama ini memang komunikasi ini yang miss, seperti kurang percaya sama partner. Tapi sejauh ini setelah Indonesia Open saya lihat jauh lebih baik,” ujar Nova.

“Sudah bisa saling mengisi dan mengerti karena sebenarnya ini yang paling penting. Kalau di lapangan komunikasinya tidak bagus, pasti kurang jalan permainannya. Perlu ada chemistry juga,” aku Nova.

Sementara, Rinov/Pitha mengaku persiapannya sudah 90%. Mereka sudah siap tempur.

“Persiapan sejauh ini sudah 80-90%, jadi dari komunikasi, teknik hingga power sudah jauh lebih baik. Pastinya merasa ada peningkatan di fisik dan power karena sepulang dari Singapura memang fokus latihannya di sana. Untuk kepercayaan diri juga saya rasa meningkat karena persiapannya sudah cukup lama,” ungkap Pitha.

“Pastinya kita latihan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Intens menambah power dan sudah mendekati pertandingan harus menjaga fokusnya,” sambung Rinov.

Kejuaraan Dunia 2022 akan berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, pada 22-28 Agustus. Tim Indonesia bertolak pada Kamis (18/8) pagi melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Muhaimin