blank
Event Nasional Bendungan Urban Dawnhill satu-satunya yang ada di Indonesia, yang digelar Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang pada tanggal 13-14 Agustus 2022 besok. Foto : Dok Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Bendungan Urban Downhill atau olahraga bersepeda yang ekstrim, melewati jalan turunan di tengah perkotaan, merupakan event nasional satu-satunya yang ada di Indonesia untuk saat ini, yang memperebutkan Piala Wali Kota Semarang dengan total hadiah sebesar Rp 70 Juta pada tanggal 13-14 Agustus 2022.

Hal itu disampaikan oleh Yonata Kristanto, SH, Lurah Bendungan Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang penyelenggara kegiatan tersebut kepada SUARABARU.ID di kantor kelurahan Bandungan, menjelang ditutupnya pendaftaran pada hari Jum’at (12/8/2022).

“Kalau Downhill itukan biasanya di bukit, di hutan. Ada di kampung tapi yang ada di tepi gunung. Tapi kalau Dawnhill urban, yang di perkotaan di kampung kota itu se Indonesia belum ada,” jelasnya bersemangat.

Untuk rute, lanjutnya, dipusatkan di kampung kintelan yang memiliki jalur turunan sesuai kriteria yang sudah ditentukan oleh para ahli serta atlit dan sudah dilakukan survei, telah memenuhi syarat mulai start hingga finish, yang berjarak 1,1 kilometer dengan melewati 3 RW dan 9 RT.

“Rutenya disepakati sesuai persyaratan, ada di kampung kintelan. Mulai dari RW 4 ada 3 RT, kita ambil lokasi yang lebih aman di sisi timur. Lalu melewati RW 3 ada 2 RT dan di RW 2 ada 4 RT, dengan lebar jalan yang digunakan sebagai rute selebar 1-1,5 meter,” terang Lurah Yonata.

Peserta Luar Kota Semarang

Dengan peserta sebanyak hampir 150 tersebut, menurut Yonanta, sebagian besar berasal dari luar Kota Semarang, bahkan ada juga peserta yang hadir dari Pulau Batam. Sedang masing-masing peserta, dibebankan biaya pendaftaran sebesar Rp 250 ribu dengan jaminan asuransi allrisk.

“Peserta kebanyakan dari luar Kota Semarang mas. Ada yang dari Batam, Cirebon, Purbalingga, Jakarta, Tangerang dan peserta yang dari Kota Semarang hanya 10-15 peserta. Dan untuk juara dibagi dalam 10 kelas, dengan jumlah hadiah masing-masing kelas antar Rp 1 juta – Rp 4 juta,” paparnya.

Hal itu menurut Lurah Bendungan, merupakan dampak dari proses perijinan penyelenggaraan event yang telah dilakukan pihaknya hingga ke Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), sehingga rekomendasinya selurih Indonesia.

Disampaikan pula oleh Yonanta, bahwa event nasional tersebut juga sebagai bentuk upaya, untuk mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah Kelurahan Bandungan dan sekitarnya, pasca Pandemi Covid-19, dengan melibatkan UMKM Kelurahan Bendungan untuk menggelar bazar di lokasi event Urban Downhill.

Absa