blank
Salah seorang narapidana Lapas Semarang tengah membawakan lagu dalam ajang lomba karaoke bertajuk “The Voice Kedungpane". Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Untuk mencari bibit-bibit penyanyi berbakat di kalangan para narapidana, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menyelenggarakan lomba karaoke bertajuk “The Voice Kedungpane”, Kamis (11/8/2022).

Lomba olah vokal ini digelar sebagai ajang pencarian bakat seni para narapidana, terutama kemampuan menyanyi, dalam mrnyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77.

Menurut Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji, gelaran semacam ini diperlukan dalam upaya pembinaan narapidana sebagai salah satu kegiatan rekreasional dan media untuk menyalurkan bakat, minat, serta potensi seni tarik suara narapidana.

“Para narapidana ini memiliki keahlian masing-masing, dan tidak sedikit dari mereka yang terampil dalam menyanyi. Maka kami fasilitasi dengan ajang perlombaan, untuk menyalurkan bakat mereka,” kata Tri Saptono.

“Jadikan ajang perlombaan ini sebagai hiburan, menang atau kalah menjadi hal biasa. Yang terpenting para peserta dapat menampilkan performa yang terbaik,” ujarnya.

Narapidana sangat antusias dalam mengikuti lomba karaoke ini. Ada 50 narapidana terpilih yang merupakan perwakilan dari masing-masing blok hunian. Mereka saling berunjuk kebolehan dalam bernyanyi.

Para peserta tampil dengan membawakan lagu wajib yang berjudul “Tiara” yang populer tahun 1991. Lagu Tiara ini menggambarkan tentang seseorang yang merasa ragu dan merasa tidak memiliki apa-apa, karena terkurung di penjara, namun dia tetap semangat.

Salah satu napi yang mengikuti lomba menyanyi, Sergio mengungkapkan kegembiraannya bisa mengikuti lomba ini.

“Saya senang bisa ikut lomba ini, selain untuk menyalurkan hobi juga bisa menghilangkan penat, semua beban yang ada terasa lebih ringan,” ungkap terpidana narkoba 5 tahun ini.

Terlihat, penampilan mereka diatas panggung memukau para juri dari mahasiswa magang dan petugas Lapas, serta narapidana lain yang menyaksikan perlombaan tersebut.

Ning Suparningsih