blank
SEPI - Rumah RR di kompleks perumahan cluster Ndalem Samiaji, Kelurahan Keturen, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal nampak sepi. (foto: sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – RR, salah satu tersangka kasus pembunuhan Birgadir J di rumah Kadiv Propam Polri tercatat sebagai warga Kota Tegal, Jawa Tengah. Sejak ditetapkan tersangka, rumah keluarga RR dibiarkan kosong.

RR dan keluarga mendiami sebuah rumah di kompleks perumahan Cluster Ndalem Samiaji RT 7 RW 2, Kelurahan Keturen, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal. RR tinggal di kompleks ini sejak 2019 bersama anak dan istrinya.

Ketua RT 7 RW 2, Nurwanda saat dikonfirmasi membenarkan RR adalah warganya. Sebelum pindah tugas menjadi ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, RR bertugas di Polres Brebes. “Setahu saya dia anggota Polres Brebes, kemudian beberapa tahun lalu, pindah tugas ke Jakarta,” ungkap Nurwanda, Rabu (10/8/2022).

Sejak pindah tugas, RR jarang pulang. Terakhir, Nurwanda melihat RR pulang pada lebaran kemarin. Otomatis, rumah RR hanya ditempati oleh istri dan anaknya.

Ketua RT ini meneruskan, sejak ditetapkan tersangka, rumah RR sekarang dalam kondisi sepi. Jika biasanya istri RR sering ikut kegiatan lingkungan, namun sejak beberapa hari lalu tidak terlihat sama sekali.

“Kalau mas RR itu kan memang jarang pulang. Paling istrinya yang sering kelihatan. Tapi sejak jadi tersangka, istrinya kini tidak pernah ada di rumah. Kemarin hari Minggu biasanya ikit arisan warga, tapi tidak ikut,” ujarnya.

Warga sekitat kompleks mengaku tidak ada yang tahu keberadaan keluarga RR. Ketua RT menimpal, kemungkinan istri dan anak RR sementara pindah ke orang tuanya.

Selama menjadi warga kompleks perumahan, RR dan keluarga dikenal baik. Setiap ada kegiatan, selalu membantu baik tenaga maupun uang. “Pada dasarnya baik. Aktif kalau ada kegiatan, kalau dimintai urunan uang selalu memberi banyak,” pungkasnya.

Sutrisno