blank
Ketep Pass dan Menteri Parekraf Sandiaga Uno. Foto: dok

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Jawa Tengah menggelar ajang Anugerah Pariwisata Jawa Tengah 2022, hari Jumat 23 September 2022 mendatang.

Kegiatan akan dilangsungkan di Pelataran Panca Arga Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang untuk memperingati World Tourism Day (Hari Pariwisata Sedunia) ini menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS didampingi Ketua Panitia Haryanto mengatakan, ajang penghargaan itu digelar untuk mengapresiasi para pelaku wisata dan tokoh inovator pariwisata yang berjuang bangkit dari pandemi covid-19 yang sangat memukul industri pariwisata di Tanah Air selama dua tahun terakhir.

blank
Amir Machmud NS, Ketua PWI Provinsi Jateng. Foto: Dok AM

“Ini sesuai dengan tema anugerah ini, yakni Bangkit dari Pandemi. Inovasi Tiada Henti,” ujar Amir, di Semarang, Rabu (10/8/2022).

Amir Machmud menyebut, pandemi covid-19 berdampak pada berbagai sektor terpuruk, salah satunya pariwisata. “Hampir semua destinasi wisata mati suri selama dua tahun lebih. Pasalnya, masyarakat tidak dianjurkan melakukan aktivitas di luar ruangan demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal itu menyebabkan banyak beberapa daerah di Indonesia terdampak, apalagi yang perekonomiannya bergantung pada wisatawan,” kata Amir.

Turun Sampai 97 Persen

Data Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menyebutkan, selama pandemi Covid-19, jumlah wisatawan khususnya wisatawan mancanegara (wisman) mengalami penurunan drastis tahun 2020 dan 2021. Pada 2020 turun 88 persen dan 2021 turun 97 persen.