blank
Ilustrasi onigiri. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jepang dan Korea punya kuliner yang terbuat nasi yang dipadatkan selagi hangat, serta dibentuk segitiga, bulat atau lonjong. Jepang menyebutnya onigiri, sedangkan masyarakat Korea menyebutnya kimbap.

Dilansir dari Suara.com, Onigiri kerap dijadikan sebagai bekal makan siang untuk piknik yang bisa dimakan di perjalanan. Pembuatannya yang praktis dan mengenyangkan menjadi alasan kuliner satu ini menjadi bekal makan siang.

Berdasarkan keterangan yang dikutip dari laman Chopstickchronicles, ada beberapa macam onigiri Jepang. Yang membedakannya adalah isian dan cara memasaknya.

Apa saja jenis-jenis onigiri yang ada? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Onigiri Tuna Mayo

Onigiri tuna mayo merupakan jenis onigiri yang paling populer di Jepang. Isian nasi kepal satu ini adalah tuna kalengan yang diberi campuran mayones pada nasinya. Meskipun bahan-bahannya sederhana, tapi rasa mayo dan ikan tuna membuat nasi kepalnya lebih lezat.

Selain ikan tuna dan mayonase, onigiri satu ini diberi bahan-bahan khas Jepang lainnya. Dengan hadirnya saus mayonase, onigiri ini termasuk golongan fusion onigiri, yakni perpaduan bahan khas Jepang dengan barat.

2. Shio Sake

Shio sake adalah onigiri yang mempunyai isian daging ikan salmon yang diasinkan dan nasi putih. Pengasinan ikan salmon menghadirkan cita rasa yang meningkatkan kelezatan onigiri. Secara keseluruhan shio sake hanya membutuhkan tiga bahan saja, yakni nori, nasi putih, dan shio sake yang dipanggang.

3. Umeboshi

Umeboshi adalah acar buah plum. Di Jepang, side dish ini termasuk umum dan populer. Kita bisa menemukan umeboshi di toserba di Jepang. Rasa dari umeboshi kebanyakan aam dan asin, tapi di masa ini banyak umeboshi yang memiliki variasi rasa yang lainnya. Pada onigiri, umeboshi diletakan di tengah-tengahnya.

4. Karashi Mentaiko

Mentaiko adalah pollock atau telur ikan cod yang diasinkan, kemudian diberi saus mayones. Kombinasi bahan ini sering dijadikan sebagai topping onigiri. Untuk menambah cita rasa onigiri, mentaiko terkadang diberi bumbu lada.

5. Yaki Onigiri

Yaki onigiri mempunyai rasa yang berbeda dari kebanyakan onigiri yang sering dijumpai. Nasi putih pada penganan ini dilapisi kecap lalu dipanggang sampai nasi berwarna kecokelatan. Teknik memasak yaki onigiri membuat nasi putih jadi renyah. Nah, yaki onigiri kebanyakan polos sehingga disebut onigiri yang paling praktis pembuatannya.

Itu dia 5 jenis onigiri yang terbilang populer di Jepang. Di masa sekarang, penganan sederhana ini semakin banyak jenisnya dan isiannya makin beragam. Tertarik mencobanya di rumah?

Claudia