blank
Ilustrasi membaca. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Healing time adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan. Menyembuhkan di sini bukan berarti penyakit secara fisik, namun lebih kepada keadaan mental.

Dikutip dari Suara.com, Healing time dilakukan saat seseorang sedang mencari ketenangan atau mencari semangat yang sudah lama padam.

Selama ini, healing selalu dikaitkan dengan jalan-jalan saat kondisi pikiran sudah mulai tidak karuan. Namun di samping itu, healing juga dapat dilakukan tanpa mengeluarkan sepeserpun Rupiah loh! Berikut 7 kegiatan healing time yang bisa dilakukan secara gratis!

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Ketan Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

1. Tidur cukup

Dilansir dari laman pt specialized, tidur cukup menjadi salah satu hal yang dapat memperbaiki kondisi mental maupun fisik. Menurut National Institutes of Health, orang dewasa direkomendasikan tidur 7-8 jam sehari. Seseorang yang terbiasa tidur dari waktu yang dianjurkan tersebut akan lebih cepat mengalami lelah baik secara mental maupun fisik.

2. Membaca buku

Cobalah sesekali menengok rak buku-buku Anda, mana buku yang baru saja Anda beli namun belum sempat membacanya? Cobalah untuk mulai membacanya sekaligus untuk mengurangi waktu dengan gadget. Selain menyegarkan pikiran, membaca buku juga dapat meningkatkan fokus.

3. Mendengarkan musik

Salah satu cara healing time yang paling mudah dan murah adalah mendengarkan musik. Kegiatan ini tanpa diduga dapat melepaskan hormon dopamin yang membantu meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Baca Juga: Pentingnya Pemberian Edukasi Kesehatan Lewat Tulisan

4. Berendam air hangat

Di tengah pekerjaan yang tak kunjung usai aau permasalahan yang datang silih berganti, cobalah untuk meluangkan waktu berendam di air hangat. Mandi dengan cara ini rupanya dapat membantu melepaskan stress, terutama saat pulang kerja atau suasana hati buruk.

5. Olahraga

Menggerakan tubuh dapat mengurangi stress dan mengalihkan pikiran negatif. Tidak perlu berolahraga terlalu berat, kamu bisa memulai kebiasaan ini dengan berjalan, bermain lompat tali, atau hula hoop.

6. Menghubungi teman lama

Menghubungi seseorang yang sudah lama tidak kita tahu kabarnya, kerap kali membuat suasana hati membaik, terlebih jika mereka adalah teman semasa sekolah. Dari sini mungkin akan teringat kembali cerita menyenangkan di masa lalu yang membuat suasana hati membaik

7. Bermain dengan hewan peliharaan

Jika Anda memiliki anabul atau hewan peliharaan lain di rumah, melakukan healing time dengan menghabiskan banyak waktu bersamanya. Melihat tingkah laku yang lucu dari binatang kesayangan bisa membuat suasana hati membaik seketika.

Claudia