blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis mengunjungi salah satu stand pameran pada Magelang Craft Expo 2022. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Selama tiga hari, 5 – 7 Agustus 2022, Pemkot Magelang menyelenggarakan ‘Magelang Craft Expo dan Festival Gethuk 2022’. Kegiatan yang berlangsung di Alun-alun setempat diisi pameran produk kriya, kerajinan UMKM dan produk getuk.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Magelang Niken Ichtiaty mengatakan, selama dua tahun ekonomi “tertidur” akibat pandemi Covid-19. Kegiatan hasil sinergi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) itu diharapkan bisa menumbuhkan semangat UMKM Kota Magelang.

‘’Acara ini untuk mendorong potensi UMKM di Kota Magelang agar kembali semangat hidup dan meningkatkan ekonomi. Harapannya, bisa berjalan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat,’’ ujar Niken, Jumat malam (5/8);

Niken menuturkan, pameran diikuti 50 stand baik produk kerajinan, kriya dan stand pendukung lainya. Tahun ini juga dimeriahkan dengan Festival Gethuk dan puluhan IKM dari masyarakat umum.

‘’Acara ini merupakan upaya sinergi kegiatan lintas OPD, harapan kedepan diadakan lebih efisien, meriah dan bisa mengakomodir UMKM se-Kota Magelang,’’ harapnya.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengapresiasi Magelang Craft Expo dan Festival Gethuk 2022 sebagai upaya membangkitkan lagi pertumbuhan ekonomi di Kota Magelang yang sempat terpukul akibat pandemi.

‘’Dua tahun pandemi, dan itu merupakan pukulan yang luar biasa. Tapi warga Kota Magelang itu kuat, saat ini sudah mulai bangkit lagi. Saya apresiasi Disperindag dan Disdikbud yang sudah menginisiasi kegiatan ini,’’ kata Azis yang juga berprofesi dokter spesialis penyakit dalam.

Dia berharap Magelang Craft Expo dan Festival Gethuk 2022 jadi penghibur masyarakat dan mereka antusias mengunjungi serta membeli produk-produk yang dipamerkan.

Pada gelaran “Magelang Craft Expo dan Festival Gethuk 2022” ini, ada banyak produk yang dipamerkan dari batik, kayu, akrilik, tas, aneka rajut, sepatu dan sebagainya.

Kegiatan lainnya antara lain fashion show, pentas seni dan budaya, workshop, seminar, festival kopi, dan aneka lomba. Di antaranya lomba menciptakan souvenir khas Kota Magelang, lomba mewarnai tingkat TK, lomba menggambar motif batik tingkat SD, dan lomba fotografi bertajuk “Festival Senyum”.

Acara yang tak kalah menarik adalah Festival Gethuk yang menyajikan aneka produk gethuk dari Magelang dan dari daerah lain. (pemkotmgl)