Suasana full gelak tawa canda ria, mewarnai jalannya lomba adu ketangkasan makan krupuk di halaman Pasar Kota Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Suasana riang ria full (penuh) tertawa ngakak, Sabtu (6/8), mewarnai halaman Pasar Kota Wonogiri. Ini berlangsung saat Baraya Ageng Pasar Kota (Bareng Paskot) Wonogiri, menggelar aneka lomba permainan tradisional.

Aneka lomba yang digelar dalam rangka semarak kemerdekaan ini, terdiri atas adu cepat makan krupuk yang digantung tali dengan posisi kedua tangan di belakang, lomba lari jepit balon berpasangan, lomba joget kursi.

Juga dilombakan adu cepat memindahkan tepung lewat atas kepala ke arah belakang secara berkelompok, dan memecah balon yang menempel di pantat memakai dorongan perut pasangannya.

Para peserta yang terdiri atas warga komunitas pasar ini, tampil bersemangat dengan berbagai gaya yang mengundang gelak tawa ngakak. Karena berperilaku lucu-lucu dan penuh canda ria.

Kepala Pasar Kota Wonogiri, Yato Baloeng, menyebutkan, aneka lomba ketangkasan tradisional ini, diadakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2022. Ini menjadi yang pertamakalinya diadakan.

Para peserta menyebutkan, yang penting meriah dapat ngakak bersama. Dengan tertawa lepas, dapat meningkatkan imunitas yang berdampak menyehatkan.

Lomba yang sama, menurut rencana Minggu (7/8) besok akan digelar oleh masyarakat RT 3/RW 4 Lingkungan Salak, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Ketua RT 3/RW 4 Salak, Sriyanto Kembo, menyatakan, lomba dipilah untuk anak-anak dan dewasa. Diawali dengan melakukan olahraga jalan sehat bersama. ”Yang penting warga guyub rukun dalam kebersamaan memeriahkan HUT Ke 77 Kemerdekaan,” jelas Sriyanto.

Bambang Pur