blank
Pelajar Blora kunjungi rumah  artefak mengamati dan mempelajari benda cagar budaya di Kompleks GOR Mustika Blora. Foto: Rumah Artefak Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Rumah Artefak Blora selalu menjadi daya tarik bagi kalangan pelajar dan orang dewasa. Tidak hanya sekadar ingin mengetahui benda apa saja yang disimpan di dalamnya, tetapi pengunjung juga ingin menimba pengetahuan serta membuat konten dan dokumentasi dengan teknologi gawai.

Patung rekonstruksi homo erectus progresif yang berada di rumah artefak Blora, masih saja menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, khususnya pelajar. Patung itu bantuan dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran.

Sejumlah siswa SMKN 1 Blora Jurusan Multi Media (MM) yang melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) di Dinas Kominfo Kabupaten Blora itu nampak asik dan antusias membuat dokumentasi (foto dan video) dan bertanya kepada petugas tentang koleksi benda di Rumah Artefak yang terletak di salah satu ruang kompleks GOR Mustika bagian timur.

Beberapa pelajar dan siswa  SMKN 1 Blora jurusan MM itu, mangaku senang bisa  berkesempatan mengunjungi rumah artefak, bisa buat video, dan swafoto. Jumat, (5/8/2022).

“Senang bisa belajar sejarah purbakala langsung dari petugas yang berkompeten. Bisa  membuat video, foto untuk konten media sosial dengan gawai,” ucap Roofif Noor Fauzi, salah satu siswa SMKN 1 Blora Jurusan Multi Media.

Belajar Membuat Konten

Hal senada disampaikan pelajar lainnya, Charista Nada Ismaya dan Avita Dwi Handayani. Keduanya mengaku sempat kaget ketika melihat patung rekonstruksi homo erectus progresif dan beberapa benda cagar budaya, untuk belajar membuat konten budaya.