blank
Tim Satgas Pemakaman dari RSU Muhammadiyah Surakarta, melakukan pemakaman jenazah secara Prokes di TPU Tumpang, Desa Padarangin, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pemakaman jenazah secara protokol kesehatan (Prokes), Senin (1/8), dilakukan lagi di Kabupaten Wonogiri. Yakni pemakaman jenazah seorang pria berinisial S (67) warga Desa Padarangin, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Ini menjadi pemakaman secara Prokes yang keduakalinya dalam tempo 10 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri. Seperti pernah diberitakan, sebelumnya jenazah pria berinisial S (64) dikuburkan secara Prokes di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tangkil Kelurahan dan Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Dengan adanya pemakaman dua jenazah secara Prokes tersebut, menandakan bahwa pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri belum juga sirna. Sebaiknya masyarakat harus tetap waspada menjaga diri, untuk tetap mematuhi Prokes. Meskipun pemerintah belakangan ini, telah melonggarkan kebijakan mengenai aktivitas masyarakat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, pemakaman secara Prokes di Desa Padarangin, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, dilakukan oleh Tim Satgas dari RSU Muhammadiyah Surakarta. ”Dibantu Tim Jaga Tangga, berlangsung di TPU Tumpang Padarangin Slogohiomo” jelas Bambang Haryanto.

Untuk pemulasaraan jenazahnya (pangrukti layon) dilakukan oleh Tim Medis RSU Muhammadiyah Surakarta. Yakni rumah sakit dimana yang bersangkutan menjalani perawatan sampai meniggal.

Ikut hadir menyaksikan kegiatan pemakaman, jajaran Forkompimcam Slogohimo, personel tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Slogohimo, aparat Pemerintah Desa Padarangin dan perwakilan keluarga almarhum serta warga masyarakat.

Bambang Pur