Pada bagian lain keterangannya Humas PPIH Sarip Sahrul Samsudin mengatakan, pada hari sama telah tiba di Embarkasi Solo 354 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 22. Jemaah haji asal asal Kabupaten Klaten, Sukoharjo dan Kota Semarang ini tiba di Asrama Haji Donohudan sekitar jam 07.49 WIB dan langsung mengikuti swab antigen.

Usai melaksanakan tes seluruh jemaah haji dibawa ke Gedung Muzdhalifah untuk diserahterimakan kepada panitia haji daerah masing masing.

Dengan kedatangan Kloter 22 SOC, maka jemaah haji asal Jateng dan DIY yang masih di Arab Saudi sebanyak 7.187 orang. Total yang diterbangkan 23 kloter dengan membawa 8.244 orang terdiri 92 petugas haji, 43 PHD, tujuh  pembimbing KBIHU dan 8.102 jemaah haji.

Sedangkan yang sudah tiba di Embarkasi Solo sebanyak 22 kloter  yang mengangkut 7.882 orang terdiri 88 Petugas Haji, 41 PHD, tujuh  Pembimbing KBIHU dan 7.746 jamaah haji.

“Jemaah haji asal Jateng/DIY yang wafat di tanah suci sebanyak 17 orang  dengan rincian dua orang meninggal di Madinah, 14 orang wafat di Makkah dan seorang lainnya wafat di pesawat. Tercatat sebanyak delapan jemaah haji menderita sakit di Arab Saudi dan saat ini dirawat di Makkah,” terangnya.

Bagus Adji