blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan KH M Nashirudin Al Mansyur pada doa akhir tahun dan awal tahun baru Islam.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Menyambut tahun baru Islam, 1 Muharam 1444 Hijriah pada Sabtu 30 Juli 2022, Pemkab Kebumen menggelar doa akhir tahun dan awal tahun di Pendopo Kabumian, Jumat (29/7) sore.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menghadiri acara tersebut bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, para pegawai pemerintahan, alim ulama, termasuk Ketua PCNU KH Moh Dawamuddin Masdar. Doa dipimpin KH Nashiruddin Al Mansyur yang juga pernah menjabat Bupati Kebumen.

Tidak hanya memanjatkan doa untuk kebaikan dan kemajuan Kabupaten Kebumen, pada kesempatan itu dipanjatkan doa bagi para pendahulu yang pernah menjadi bupati atau adipati Kebumen dengan mengirim Alfatihah.

Bupati Arif Sugiyanto mengajak semua kalangan baik pemerintah, masyarakat maupun pemuda untuk mengambil hikmah dari peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah yang tahun ini di peringati dan dikemas religius dan kebahagian.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama para ulama dan pejabat menunaikan salat menyambut tahun baru Islam 1444H.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

Menurutnya, tahun baru Islam harus dimaknai sebagai momentum muhasabah (introspeksi) maupun transformasi diri untuk lebih berkomitmen kuat menghilangkan kekhilafan dan kesalahan serta berkomitmen penuh untuk senantiasa memperbaiki diri.

“Tentu kita berharap di 1444 Hijriah ini semakin baik, yang menjadi kekurangan kita mari kita evaluasi secara bersama-sama untuk bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,ā€¯tandasnya.

Mengakhiri sambutan, bupati mengajak kepada masyarakat untuk senantiasa menjalin silatuahmi. Serta memperkuat jalinan Ikhuwah Islamiah, Ukhuwah Wathoniah dan Ukhuwah Basyariah sebagai modal pembangunan menuju Kabupaten Kebumen yang semarak, sejahtera, mandiri, berakhlak bersama Rakyat (Semarak).

Komper Wardopo