blank
Ilustrasi. Foto: Dok Benny Susetyo

DENPASAR (SUARABARU.ID) – Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo menyatakan, air dan api adalah sifat manusia Indonesia yang telah berevolusi mental.

Hal ini disampaikannya dalam acara Seminar Nasional Republik Seni Nusantara Tirta-Rakta-Sastra yang diadakan oleh Institut Seni Indonesia Denpasar secara hibrid, di Denpasar, Jumat (29/07/2022).

Hadir dalam acara tersebut antara lain I Wayan Adnyana (Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar), Nizam (Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI), I Gede Wenten (Guru Besar Institut Teknologi Bandung), Jero Gede Batur Alitan (tokoh spiritual), beserta tokoh-tokoh teknologi dan kebudayaan lainnya.

 

blankBenny, sapaan akrab Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP tersebut, sifat air dan api menunjukkan karakter yang spesifik.

“Air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, kebudayaan Indonesia adalah kebudayaan yang dapat beradaptasi dengan mudah, seperti air yang mengalir mengikuti tempat. Air mampu menyerap; kebudayaan kita mampu menyerap, sehingga terjadi internalisasi,” katanya.

Sifat Api

“Sifat api tinggi, menyala, terang, dan memberikan energi pada jiwa. Itulah yang menjadi kekuatan para tokoh-tokoh revolusioner kita, membakar semangat untuk lepas dari penindasan,” tandasnya.