blank
Suasana koordinasi luaran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta peserta magang di NAIST Jepang secara online dengan para dosennya dari UMS, Kamis (28/7).  Foto: /UMS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Sebanyak tiga mahasiswa Program Studi Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah  Surakarta saat ini tengah menjalani program magang di Jepang.

Ketiganya yakni Indira Febriyanti, Fadlih Hasan Setiawan dan Adam Saphiro Dewayanto tengah menjalani  program Undergraduate Internship Student di Lab Software Engineering di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) Jepang .

‘’Ketiganya magang selama satu semester di NAIST, Jepang,’’ jelas pembimbing mahasiswa Dr.Eng, Yusuf Sulistyo Nugroho, S.T., M.Eng, ketika menghadiri koordinasi luaran secara online dengan ketiga mahasiswa yang saat ini magang di NAIST, Kamis (28/7/2022).

Pada acara dihadiri Wakil Rektor Bidang (WR) I UMS, Prof Dr Harun Joko Prayitno, WR 3, Ihwan Susila P.hD., dan Dedi Gunawan, P.hD, yang berlangsung di Gedung Rektorat UMS, Indira Febriyanti salah seorang peserta magang menceriterakan, kegiatan yang dilakukan bersama dengan dua rekannya  selama di Jepang yakni melakukan full penelitian di bidang software engineering.

Mulai data analysis, lalu data mining dari statistic sampai dengan machine learning. Peserta magang banyak diberi pengarahan, bimbingan dan pelatihan yang dapat dilakukan secara otodidak dalam menyelesaikan tugas setiap harinya dan  dipandu langsung  Profesor Dr. Raula Gaikovina Kula, yang biasa  dipanggil Raula Sensei.

Sedangkan penanggung jawab mahasiswa magang UMS di NAISTadalah professor Matsumoto Kenichi sebagai kepala Professor Lab Software Engineering.