blank
Ganjar (kiri), diundang Kemendikbud untuk hadir dalam pertemuan para Menteri Bidang Kebudayaan seluruh negara-negara anggota G20. Foto: humas

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, mengundang Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk hadir dalam pertemuan para Menteri Bidang Kebudayaan seluruh negara anggota G20. Pertemuan itu akan digelar di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Pertemuan para menteri itu akan berlangsung pada 12-14 September mendatang. Untuk memaksimalkan kegiatan, para menteri tak hanya datang untuk kegiatan formal, tapi juga disuguhkan budaya dan kearifan lokal di sekitar Borobudur.

”Jadi kami lapor ke gubernur, dan mengharap kehadirannya. Nanti akan ada gala dinner, orkestra sampai ruwatan bumi,” kata Hilmar selaku wakil Kemendikbud, usai menemui Ganjar Pranowo di kantornya, Selasa (26/7/2022).

BACA JUGA: Wajib Pajak Lunasi Tunggakan, KPP Madya Surakarta Kembalikan Jaminan Sita

Dari pertemuan itu, Hilmar mendapat masukan dari Ganjar. Salah satunya, permintaan agar masyarakat dilibatkan lebih banyak. Hilmar sendiri menyatakan, kegiatan ini akan melibatkan masyarakat sekitar Candi Borobudur secara langsung.

”Memang begitu rencananya. Kita akan kerja sama dengan para seniman dan pelaku budaya yang ada di sana,” kata Hilmar.

Ganjar sendiri menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, even ini tak sekadar ajang berkumpulnya para menteri dan budayawan, tapi sekaligus kesempatan promosi Candi Borobudur.

BACA JUGA: Ganjar: TMMD Merupakan Cara Merawat Kebersamaan dan Kegotongroyongan

”Kegiatan ini sekaligus bisa mempromosikan Borobudur, dan jadi meeting point bertemunya budayawan seluruh dunia,” ujarnya.

Ganjar juga mendukung salah satu agenda dalam kegiatan itu, yakni penggalangan dana abadi kebudayaan. Dana ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu bentuk pendanaan untuk kemajuan kebudayaan. Dana ini digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, guna memajukan kebudayaan lokal, hingga internasional.

”Kita diskusikan tadi, ada dana abadi kebudayaan. Kalau ini bisa dibuat, ini bisa menjadi dinamai Indonesia Inisiatif atau Borobudur Inisiatif, sehingga dana abadi ini harapannya bisa diberikan kepada seluruh seniman budayawan di seluruh dunia,” ucap Ganjar.

Mantan anggota DPR RI itu juga berharap, negara-negara yang tergabung dalam G20, bisa ikut berperan aktif dalam mengumpulkan dana abadi kebudayaan.

Riyan