blank
Penandatanganan Berita Acara TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2022 oleh Bupati dan Dandim Blora. Foto: Kodim Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si membuka Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2022, di lapangan Desa Sempu Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora, Selasa (26/7/2022).

Bupati Blora dalam pembukaan TMMD didampingi Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han) bersama Forkopimda Blora

Program TMMD adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah demi mensejahterakan masyarakat serta sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI­ dengan rakyat.

Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH., MIP dalam amanat yang dibacakan Bupati Blora H. Arief Rohman menyatakan, spirit kegotong-royongan dan kebersamaan kembali diteguhkan dalam suatu aksi nyata melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-114 dan Sengkuyung Tahap II TA. 2022.

Program TMMD, kata Ganjar, telah menjadi bagian dari cara merawat dan meningkatkan kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita hari ini,” kata Ganjar.

“Mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan kedaulatan pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme, tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah pusat saja, TNI/Polri saja, atau Pemerintah Daerah saja,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, semua mesti kerja secara keroyokan, dan semua mesti bersinergi serta berkolaborasi bersama rakyat untuk menyelesaikan berbagai persoalan tersebut.

Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi.

Program TMMD menggunakan sistem “Bottom Up Planning,” yaitu proses perumusan pembangunan yang dilakukan secara berjenjang dari level desa hingga Kabupaten/Kota, yang memenuhi aspek kesejahteraan masyarakat dan bermanfaat untuk pertahanan negara.