blank
Ratusan musisi Jepara yang pernah perform dalam acara "Nasionalisme dalam Nada" beberapa tahun yang lalu. (Foto: kabarkotapati.com)

JEPARA (SUARABARU.ID)- Festival Jepara Bangkit yang akan digelar pada bulan Agustus nanti akan menampilkan berbagai macam kegiatan. Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara ini sebagai rangkaian peringatan HUT RI ke-77. Seniman, budayawan, musisi, pelaku UMKM, guru, ASN, hingga pelajar akan ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

blank
Agenda kegiatan Festival Jepara Bangkit.

Dimulai tanggal 31 Juli 2022, agenda Festival Jepara Bangkit akan diawali dengan pencanangan HUT RI ke-77 dengan menampilkan ratusan musisi Jepara yang terdiri dari 30 vokalis, 30 gitaris, 30 bassist, 30 drumer, 10 keyboardis, dan 10 brass section.

Ratusan musisi Jepara ini akan membuat flash mob di area Tugu Kartini yang berada di Jl. Kartini Jepara. Dilanjutkan pada 19-20 Agustus acara Wilujengan Rahayu, Ketoprak Spektakuler dan peluncuran tari klasik Bedhayan Retno Kencono.

Dalam Ketoprak Spektakuler, para guru, ASN, perangkat desa yang tergabung dalam KORPRI akan ikut ambil bagian dalam pementasan ketoprak. Sekitar 200 orang akan ikut berperan dalam ketoprak yang mengangkat kepahlawanan Ratu Kalinyamat dengan judul Reinha de Japora.

Pada Minggu, 21 Agustus pementasan Jepara dan Java Carnival dilanjutkan pameran karya dan gelar UMKM serta panggung prestasi pelajar Jepara. Senin, 22 Agustus Karnaval Budaya dan Jepara Cultur Festival.

Acara kemudian dilanjutkan Deklarasi Hari Ukir, lomba ukir, dan harmoni musik Jepara bangkit pada Selasa, 23 Agustus. Penampilan fashion show dan Fashion Jepara in The World akan digelar pada Rabu, 24 Agustus. Opera Juang, Jepara Bersholawat, lomba vlog dan fotografi pada 25, 26, Agustus akan menutup rangkaian Festival Jepara Bangkit.

ua