blank
Pembukaan MTQ XXIX digelar di Lapangan Simpang Lima Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman, didampingi Anggota Komisi E DPRD Jateng hadir dalam pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Jawa Tengah di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang, Jumat (22/7/2022) malam.

Diikuti 832 peserta lomba dari 35 kabupaten/kota, MTQ XXIX digelar selama 3 hari dari tanggal 22 hingga 24 Juli 2022 dan dengan menyelenggarakan 16 perlombaan.

Sukirman berharap dengan adanya gelaran MTQ XXIX ini pembangunan di bidang spiritual semakin maju, khususnya di Provinsi Jawa Tengah.

“Harapan kita terus meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dan pembangunan di bidang spiritual semakin maju khususnya di provinsi Jawa Tengah dengan memahami pentingnya Al Qur’an,” katanya.

blank
Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman, menghadiri pembukaan MTQ XXIX di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang.

Anggota Fraksi PKB DPRD Jateng tersebut juga berpesan kepada para peserta untuk tetap bersemangat dalam mengikuti perlombaan. Menurutnya, dalam sebuah kompetisi peraihan juara hanyalah hal biasa.

“Yang tidak kalah penting adalah partisipasi nya, silaturahminya, dan juga memahami Al-Qur’an nya itu,” pungkasnya.

Dalam sambutan yang dibacakan Gus Yasin sapaan akrab Taj Yasin Maimoen, Ganjar Pranowo menginginkan acara MTQ XXIX tingkat Provinsi Jateng dapat menjadi ajang bertukar pikir dan meningkatkan solidaritas.

Tak hanya itu saja, dengan adanya MTQ XXIX ini diharapkan bisa membangun rasa persatuan dan kesatuan di seluruh kafilah kontingen dari berbagai kabupaten/ kota di Jawa Tengah.

“Lomba MTQ ini menjadi menarik tidak hanya bagi kafilah dari tiap-tiap daerah, tapi juga masyarakat, sehingga mereka tertarik dan kemudian dapat terus mengikuti tahapan-tahapan event ini,” ungkapnya.

blank
Para qori – qoriah dan hafidz – hafidzah kontingen Kabupaten Purbalingga memasuki tempat pembukaan MTQ XXIX di lapangan Simpang Lima Semarang.

Dalam pembukaan MTQ Jateng tersebut juga dihadiri oleh guru besar mazhab Syafi’i di Mesir, Syeikh Abdul Aziz Syahawi. Ulama Al Azhar Mesir itu turut mendoakan mudah-mudahan mudahan Allah berkenan menyempurnakan anugerah kenikmatan dengan berkah Al-Qur’an.

Acara pembukaan juga dimeriahkan penampilan seribu penerbang Hadroh dan parade para kafilah se Jawa Tengah dan grup band Ungu.(ADV)