blank
Deklarasi Gezer Sampah di SMP Negeri 3 Kaliwiro Wonosobo. Foto : SB/dok SMPN 3 Kaliwiro

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Civitas akademika SMP Negeri 3 Kaliwiro Wonosobo menggelar Deklarasi Gerakan Zero (Gezer) Sampah guna menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman.

Deklarasi Gezer Sampah yang diikuti semua warga sekolah, yakni siswa, guru dan tenaga kependidikan itu, dilakukan Jumat, 22 Juli 2022 kemarin sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Sejak pagi hingga siang acara bersih-bersih sampah di lingkungan sekolah dilakukan. Sampah dikumpulkan lalu dipilah untuk di daur ulang dan dibuat pupuk kompos.

Kepala SMP Negeri 3 Kaliwiro Agus Budiyanto, Sabtu (23/7/2022), mengatakan gerakan Gezer Sampah merupakan bentuk kepedulian warga sekolah terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Sebab lingkungan yang bersih dan sehat akan menjauhkan dari penularan berbagai penyakit di masyarakat. Lingkungan yang bersih dan sehat juga akan terasa nyaman dan indah,” ujar Kepala SMP Negeri 3 Kaliwiro yang berada di Desa Ngadisono itu.

Menurutnya, SMP Negeri 3 Kaliwiro yang memiliki jargon “Sekolah Idaman Masyarakat,” itu pada tahun pelajaran 2022/2023 menerima 165 siswa baru melampaui target dari yang ditetapkan, yakni 160 peserta didik baru.

“Deklarasi Gezer Sampah merupakan salah satu program SMP Negeri 3 Kaliwiro yaitu Gerakan Zero Sampah, yang diharapan di lingkungan sekolah tidak ada sampah yang berserakan di sembarang tempat,” tegasnya.

Lingkungan Nyaman

blank
Siswa-siswi SMP Negeri 3 Kaliwiro Wonosobo ketika membersihkan sampah di lingkungan sekolah. Foto : SB/dok SMPN 3 Kaliwiro

Semua warga sekolah, lanjutnya, wajib peduli dan diminta selalu membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Sampah organik dan non organik dipilah untuk di daur ulang dan dijadikan pupuk kompos.

“Deklarasi Gezer Sampah diawali dengan kegiatan pembiasaan Jumat Sehat, yaitu senam bersama yang dipimpin salah satu tenaga kependidikan Ibu Parinti, bersama para pengurus OSIS dan Dewan Kerja Penggalang Pramuka,” katanya.

Usai senam bersama, dibacakan Deklarasi Gezer Sampah yang dipimpin langsung oleh Kepala SMP Negeri 3 Kaliwiro Agus Budiyanto dan semua warga sekolah menirukan deklarasi tersebut untuk dilaksanakan bersama-sama.

Guna membakar semangat para warga sekolah dalam kegiatan Deklarasi Gezer Sampah juga diteriakkan yel-yel, “Tepuk Spentrika” dan “Salam Zero Sampah” dibawah bimbingan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Sri Martini, yang menjadikan suasana tambah semangat dan semarak.

“Saya mengajak semua warga sekolah, mulai hari ini dan seterusnya untuk mensukseskan Program Gezer Sampah dan program ini tidak hanya sebatas kegiatan deklarasi hari ini saja,” harapnya.

Tetapi lebih dari itu, imbuhnya, perlu kesadaran semua warga sekolah untuk mewujudkan SMP Negeri 3 Kaliwiro yang benar-benar zero sampah. Jika lingkungan sekolah sehat dan bersih maka akan tercipta suasana pembelajaran yang nyaman dan asri.

“Walau bukan hal yang mudah dilakukan, namun dengan kekompakan, kepedulian dan kerja keras semua warga sekolah pasti akan tercipta lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman untuk kegiatan pembelajaran,” pungkasnya.

Muharno Zarka